Dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki ambisi dan potensi yang besar untuk menjadi pusat mode Muslim global. Persaingan di industri mode Muslim memaksa perusahaan untuk bersaing mendapatkan sebanyak mungkin pangsa pasar. Perusahaan berusaha untuk meningkatkan niat pembelian konsumen dengan mengintensifkan pemasaran dan menggunakan metode promosi yang strategis. Salah satunya adalah memaksimalkan efek pemasaran produk oleh selebriti. Pemasar menggunakan selebriti dapat membantu mengembangkan kepercayaan dan kredibilitas produk suatu merk. Diyakini bahwa media secara langsung dan tidak langsung memiliki efek yang signifikan dalam mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan perilaku pelanggan. Koherensi selebriti dengan produk mendapatkan efek yang positif terhadap niat pembelian pelanggan.
Aspek lain yang harus dipertimbangkan untuk menggunakan selebritas untuk mengiklankan suatu produk adalah publisitas mereka. Publisitas adalah bentuk konten oleh perantara seperti reporter, blogger, dan lainnya, membahas topik yang lebih luas tentang subjek tertentu, dibandikngkan dengan iklan yang memengaruhi audiens yang membahas suatu subjek dalam sudaut pandang yang positif atau negatif. Perilaku konsumen dibangun oleh kecenderungan konsumen dalam mencari, menggunakan, membeli, mengevaluasi, dan membuang produk dan layanan yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. Niat pembelian adalah proses pengambilan keputusan yang mempelajari alasan konsumen membeli merek atau produk tertentu. Jadi makalah ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dukungan kongruensi selebriti dalam mengiklankan produk terhadap perilaku dan niat beli konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, Multiple Linear Regression, dan One Way Anova. Penelitian ini dapat membantu industri bisnis busana muslimah untuk mengusulkan strategi pemasaran yang lebih strategis yang dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perilaku pelanggan dan juga meningkatkan persentase niat pembelian pelanggan. Temuan penelitian ini menemukan bahwa publisitas memiliki peran penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen dan niat beli. Namun, kongruensi kurang memberikan dampak yang signifikan dalam mempengaruhi perilaku dan niat beli konsumen. Sikap terhadap merek juga memiliki peran penting dalam mempengaruhi niat pembelian konsumen. Sementara beberapa sumber melihat dukungan kongruensi sebagai bagian penting dalam mempengaruhi perilaku konsumen, penelitian ini membuktikan bahwa publisitas selebriti mempengaruhi niat pembelian konsumen dengan lebih signifikan
Perpustakaan Digital ITB