digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Selain sebagai Kota Kreatif, Bandung juga dikenal sebagai Kota Kuliner karna banyaknya inovasi produk-produk kuliner di kota ini, dan ricebox merupakan salah satu contoh fenomena kuliner di Bandung. Biasanya, ricebox dibuat untuk orang-orang yang sibuk untuk tetap bisa menikmati makanan siap saji dan juga dengan harga yang lebih terjangkau. Saat ini, sudah banyak produk-produk ricebox yang bermunculan di Bandung. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada model bisnis yang cukup layak untuk dijadikan acuan dalam menjalankan bisnis ricebox di Bandung. Model bisnis merupakan alat yang penting untuk membantu perusahaan memikirkan rencana jangka panjang yang terbagi dalam 3 fase, yaitu produk/jasa, pelangga, dan pendapatan. Oleh karena itu, untuk menjalankan bisnisnya dengan baik, para pelaku bisnis ricebox di Bandung harus memiliki midel bisnis sebagi panduan mereka dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis model bisnis yang paling cocok untuk bisnis ricebox di Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara interview 5 pemilik bisnis ricebox di Bandung dan survey kepada 200 responden yang juga merupakan pelanggan ricebox. Hasil dari data tersebut dianalisis dengan koding manual dan statistik deskriptif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rekomendasi dari midel bisnis yang paling cocok untuk bisnis ricebox di Bandung. Secara detail, hasil dari penelitian ini akan menunjukkan siapa target pasar yang paling tepat untuk ricebox di Bandung, nilai produk seperti apa yang sebenarnya dibutuhkan pasar, bagaimana cara yang paling efisien untung menyampaikan nilai-nilai produk tersebut kepada pelanggan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan model bisnis. Penelitian ini jga bertujuan untuk membantu PETJAH, sebagai salah satu produk ricebox di Bandung untuk menemukan model bisnis yang paling tepat untuk diaplikasikan.