digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam lanskap ekonomi kreatif Indonesia yang terus berkembang, layanan arsitektur tidak lagi terbatas pada konstruksi fisik atau perencanaan ruang, melainkan meluas ke strategi bisnis, narasi visual, dan penguatan identitas merek. Studio Sunda Kelapa, sebuah studio desain arsitektur independen yang berdiri sejak 2020, mengalami penurunan permintaan proyek dari segmen usaha kecil dan menengah (UMKM). Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Studio Sunda Kelapa dapat memosisikan ulang penawaran layanannya agar lebih selaras dengan kebutuhan UMKM. Dengan pendekatan kualitatif berbasis Design Thinking, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan pelaku UMKM di sektor fesyen dan kuliner. Selain menggali wawasan pengguna, studi ini juga mengintegrasikan inovasi model bisnis untuk mendukung transformasi Studio Sunda Kelapa dari penyedia layanan tradisional menjadi mitra strategis bagi UMKM. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan model layanan yang berpusat pada pengguna dan kontekstual sesuai dengan tuntutan pasar kreatif saat ini..