ABSTRAK Ferry Indra
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Stasiun merupakan fasilitas operasi kereta api atau tempat kereta api berhenti secara
teratur untuk menaikturunkan penumpang. Stasiun merupakan prasarana kereta api yang
sangat penting terutama di Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan suatu usaha untuk
meningkatkan kinerja dari Stasiun. Pada Tugas Akhir ini akan membahas tentang renovasi
Stasiun Commuter Line yang berlokasi di Tangerang. Stasiun Tangerang sudah dianggap
kurang optimal maka dari itu dibutuhkan suatu renovasi. Renovasi yang akan dilakukan
adalah penambahan jumlah lantai yang akan menjadi 3 lantai. Lantai pertama berupa peron,
lantai kedua merupakan main hall, dan lantai ketiga berupa office, selain itu juga akan
direncanakan atap berupa rangka baja ruang. Adapun, material yang digunakan untuk
pelaksanaan renovasi berupa material baja sehingga lebih mudah dan lebih cepat dalam
melakukan renovasi yang telah direncanakan. Perancangan struktur stasiun juga
diwajibkan untuk dapat menahan beban gempa. Oleh karena itu sistem pemikul gaya
seismik yang digunakan berdasarkan kondisinya adalah Sistem Rangka Baja Pemikul
Momen Khusus. Pada Tugas Akhir ini akan membahas tentang bagaimana pembebanan
yang terdapat pada stasiun tersebut, bagaimana melakukan perancangan struktur dengan
Sistem Rangka Baja Pemikul Momen Khusus, dan juga bagaimana melakukan detailing
yang berupa perancangan sambungan dan analisis strong column – weak beam pada
struktur tersebut. Penulis menggunakan studi literatur dalam memecahkan masalah. Tujuan
akhir dari Tugas Akhir ini adalah memberikan gambar detail mengenai penampang yang
sudah dilakukan optimasi dan juga spesifikasi sambungan yang digunakan dalam struktur
tersebut.
Perpustakaan Digital ITB