digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Adelina Yossi Elmira
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Adelina Yossi Elmira
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Adelina Yossi Elmira
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Adelina Yossi Elmira
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Adelina Yossi Elmira
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Adelina Yossi Elmira
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PT Adhya Avia Prima yang didirikan oleh Triyosowati pada tahun 2003 merupakan perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat khususnya di Indonesia. Faktor tersebut berdampak kepada bisnis di sektor logistik yang dimana meningkatnya permintaan pasar yang cukup signifikan khususnya dalam hal pengiriman barang. Hal tersebut membuat kompetisi semakin kompetitif dalam bersaing. Sebagai perusahaan yang telah mencakup skala nasional ini perlu untuk memperkuat kapabilitas dan daya saing serta memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Melakukan analisa pada faktor eksternal dan internal ini terkait untuk mengetahui kondisi dan lingkungan perusahaan. Secara faktor eksternal analisa dilakukan dengan menggunakan teori PEST, Porter’s Five Forces dan Competitive Analysis, ini berfungsi guna melihat peluang industri logistik secara makro. Selanjutnya, faktor internal dengan menggunakan teori Value Chain, VRIO dan Business Model Canvas untuk mengetahui kekurangan maupun keunggulan perusahaan yang dapat dijadikan wawasan dalam menciptkan strategi bisnis. Dalam memformulasikan strategi bisnis yang sesuai untuk perusahaan dilakukan analisa dengan Diamond Strategy Framework yaitu melihat keunggulan kompetensi perusahaan serta menggunakan Porter’s Generic Strategy yang direkomendasikan agar perusahaan merubah strategi bisnis dari focused low leadership ke focused differentiaton, serta dengan memberikan saran untuk memperbaharui Business Model Canvas agar dapat kompetitif dalam persaingan. Dengan hasil analisis ini, dielaborasi pada rencana implementasi. Hal-hal yang mencakup pada rencana implementasi adalah mengembangkan identitas merek, mengembangkan digital platfrom yaitu website perusahaan, membuat training untuk karyawan secara berkala, melakukan rekrutmen pekerja di bagian marketing, dan mengembangkan live tracking system untuk pelacakan barang secara real-time. Dengan implementasi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk mengembangkan strategi di kemudian hari.