ABSTRAK Ahyan Fadani
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Industri kreatif memainkan peran yang penting di dalam negara berkembang. Ada lima belas
subsektor dalam industri kreatif di Indonesia, salah satu diantaranya adalah industri kuliner.
Untuk mencapai kesuksesan, sebuah perusahaan kuliner perlu melakukan perencanaan yang
baik untuk bisnisnya, terutama pemilihan lokasi usahanya. Akan tetapi, banyak usaha kuliner
skala kecil seringkali melewatkan analisis pemilihan lokasi usaha dan hanya menggunakan
insting bisnisnya untuk memilih lokasi yang paling murah, dekat, dan tersedia untuk
perusahaannya. Padahal, pemilihan lokasi usaha yang buruk dapat menurunkan profitabilitas
perusahaan. Perusahaan Koer-koer Chicken adalah perusahaan baru yang berencana untuk
memperluas usahaya dengan membuka cabang pertamanya. Untuk mencegah risiko masalah
yang akan timbul akibar pemilihan lokasi yang buruk, pemilih usaha—yang juga penulis
penelitian ini—berencana untuk melakukan analisis pemilihan lokasi usaha dengan layak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan lokasi terbaik untuk perusahaan Koerkoer
Chicken.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini telah mengidentifikasi faktor-faktor kunci
dalam pemilihan lokasi usaha dengan mengadakan tinjauan literatur dan mengadakan
wawancara dengan pemilik usaha kecil yang sudah memperluas usahanya dan memiliki
beberapa cabang. Faktor-faktor tersebut akan dibobot menggunakan Analytic Hierarchy
Process menggunakan perangkat lunak bernama Expert Choice. Bagian terakhir dari
penelitian ini adalah memberikan nilai pada setiap faktor untuk setiap alternatif pilihan. Dari
dua alternatif pilihan yang ada, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi A yang
terletak di Jalan Tipar Cakung (dekar gerbang masuk Sedayu City @Kelapa Gading) Cakung
Barat, Cakung, Jakarta Timur sebagai lokasi terbaik untuk perusahaan Koer-koer Chicken.
Riset ini dapat digunakan oleh pemilik usaha kecil; selain untuk pemilihan lokasi usaha, riset
ini juga bisa digunakan untuk ranah pengambilan keputusan lainnya seperti pemilihan
pemasok, pemilihan vendor, atau bahkan evaluasi dari pengambilan keputusan yang telah
diambil perusahaan.
Perpustakaan Digital ITB