Article Details

SOCIAL MEDIA CONTENT STRATEGY OF SBM ITB

Oleh   Dezky Oka [19012196]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr.Eng. Pri Hermawan, S.T., M.T.;
Jenis Koleksi : S1-Tugas Akhir
Penerbit : Sekolah Bisnis dan Manajemen
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Social Media, Instagram, Content Strategy, International Business School, SBM ITB.
Sumber :
Staf Input/Edit : Taupik Abidin  
File : 1 file
Tanggal Input : 2019-05-06 11:36:06

Generic placeholder image
ABSTRAK Dezky Oka


Dalam dunia di mana media sosial telah menjadi media komunikasi utama bagi setiap orang, sekolah bisnis internasional diberikan kesempatan untuk meraih kepercayaan dari calon murid mereka dengan cara memperlihatkan kehebatannya lewat konten di media sosial. Sebagai salah satu dari mereka, SBM ITB pun terus mencoba untuk mengimplementasikan strategi konten media sosial, khususnya di Instagram. SBM ITB ingin meraih otoritas sebagai sekolah bisnis internasional terbaik di Indonesia lewat media sosial dengan cara memperluas jangkauan konten, meningkatkan keterlibatan audiens, serta menjadi representasi SBM ITB di media sosial. Sebelum melangkah ke pembuatan strategi konten media sosial, beberapa analisis harus dilakukan. Analisis ini dilakukan demi mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh SBM ITB dalam melaksanakan strategi konten media sosial saat ini serta di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi konten media sosial yang dapat dilaksanakan secara sederhana oleh SBM ITB. Langkah persiapan dalam membuat strategi konten media sosial dimulai dengan analisis terhadap keadaan terkini dari SBM ITB sebagai sekolah bisnis internasional serta aktivitas media sosialnya, kemudian dilanjutkan oleh pencarian terhadap berbagai variabel dalam pembuatan strategi konten media sosial yang menggunakan model dari Content Marketing Institute. Model digunakan sebab memberikan informasi lengkap terhadap hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam strategi konten media sosial. Instagram akan menjadi kanal utama dalam penyaluran konten mengingat mayoritas audiens dari SBM ITB berkumpul di sana. Daftar topik dari konten yang akan dibuat dibagi ke dalam empat kategori, yaitu: hiburan, edukasi, inspirasi, meyakinkan. Implementasi dari strategi akan dilaksanakan oleh tim komunikasi pemasaran SBM ITB.