ABSTRAK Dezky Oka
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM
2019 SK PP Dezky Oka [19012196] - Full Text
PUBLIC 
Dalam dunia di mana media sosial telah menjadi media komunikasi utama bagi
setiap orang, sekolah bisnis internasional diberikan kesempatan untuk meraih
kepercayaan dari calon murid mereka dengan cara memperlihatkan kehebatannya lewat
konten di media sosial. Sebagai salah satu dari mereka, SBM ITB pun terus mencoba
untuk mengimplementasikan strategi konten media sosial, khususnya di Instagram.
SBM ITB ingin meraih otoritas sebagai sekolah bisnis internasional terbaik di Indonesia
lewat media sosial dengan cara memperluas jangkauan konten, meningkatkan
keterlibatan audiens, serta menjadi representasi SBM ITB di media sosial. Sebelum
melangkah ke pembuatan strategi konten media sosial, beberapa analisis harus
dilakukan. Analisis ini dilakukan demi mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh
SBM ITB dalam melaksanakan strategi konten media sosial saat ini serta di masa yang
akan datang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat strategi konten media sosial
yang dapat dilaksanakan secara sederhana oleh SBM ITB. Langkah persiapan dalam
membuat strategi konten media sosial dimulai dengan analisis terhadap keadaan terkini
dari SBM ITB sebagai sekolah bisnis internasional serta aktivitas media sosialnya,
kemudian dilanjutkan oleh pencarian terhadap berbagai variabel dalam pembuatan
strategi konten media sosial yang menggunakan model dari Content Marketing Institute.
Model digunakan sebab memberikan informasi lengkap terhadap hal-hal apa saja yang
dibutuhkan dalam strategi konten media sosial.
Instagram akan menjadi kanal utama dalam penyaluran konten mengingat
mayoritas audiens dari SBM ITB berkumpul di sana. Daftar topik dari konten yang akan
dibuat dibagi ke dalam empat kategori, yaitu: hiburan, edukasi, inspirasi, meyakinkan.
Implementasi dari strategi akan dilaksanakan oleh tim komunikasi pemasaran SBM
ITB.