digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project_Camilla Nissa.docx.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Dalam tiga tahun terakhir Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang mengalami kenaikan akan kesadaran terhadap hidup sehat. Presentase nilai sebesar 73% tempat di indonesia menyatakan bahwa hidup sehat merupakan salah satu isu nomor satu yang dibahas dalam prioritas kehidupan. Itu artinya masyarakat indonesia sudah memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan beraktivitas fisik ditempat gym. Mengkonsumsi jus yang sehat juga merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Dalam hal ini konsumen mulai mencari hal-hal praktis untuk diminum dengan pertimbangan rasa dan inovasi. Di sisi lain, ada masalah yang dihadapi dalam industri jus sehat yaitu dari komposisi, sulit untuk memperluas pasar, sulit untuk menjangkau konsumen. Promosi silang adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan, strategi pemasaran promosi silang biasanya berkolaborasi dengan dua perusahaan yang berbeda, dengan produk yang berbeda dan pelanggan yang berbeda Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh promosi silang di sosial media gym dan minat beli terhadap jus sehat. Berdasarkan hasil, peneliti akan men-desain strategi promosi silang untuk menarik minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan responden 100 orang yang mempunyai umur 20-49 tahun dan ber-status sebagai Mahasiswa,aktif di sosial media, mempunyai kegiatan ditempat gym dan juga mengkonsumsi makanan sehat. Responden mengisi kuesioner dengan skala Likert lima poin hal tersebut dilakukan agar bisa mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi variabel. Promosi silang didefinisikan sebagai variabel independen dan minat beli di definisikan sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode Regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi silang mempunyai pengaruh positif terhadap minat beli dan faktor yang berpengaruh adalah produk yang cocok. Selain produk yang cocok,informasi yang jelas, hal yang menguntungkan bagi perusahaan dan konsumen, memperluas pasar dan efektivitas harus dipertimbangkan.