Dalam rangka mengatasi persaingan, PT Telkom saat ini terfokus kepada program retensi
pelanggan termasuk retensi pelanggan IndiHome. Program tersebut berupa usaha untuk
mempertahankan pelanggan agar menjadi pelanggan yang loyal sehingga tidak mudah
berpindah kepada penyedia layanan serupa lainnya. Untuk mengetahui kesuksesan program
tersebut, PT Telkom melakukan pengukuran terhadap loyalitas pelanggan dengan
menggunakan Net Promoter Score (NPS). NPS dirasa masih belum mampu memberikan
informasi yang diinginkan oleh perusahaan mengenai tingkat loyalitas pelanggan, selain itu
tingkat efektifitas pengukuran saat ini masih rendah yaitu 10-20%. NPS tidak dapat
menjelaskan tingkat loyalitas pelanggan karena hanya menggunakan single metric.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menentukan variabel
yang mempengaruhi loyalitas pelanggan agar dapat mengukur loyalitas pelanggan IndiHome
dengan tepat sehingga memenuhi informasi yang diinginkan oleh perusahaan.
Penentuan variabel terbagi atas dua tahap. Tahap pertama adalah penentuan variabel
berdasarkan studi literatur. Studi literatur tersebut mengacu kepada jurnal loyalitas pelanggan
dalam sektor telekomunikasi. Variabel-variabel tersebut kemudian dikonfirmasi kepada pakar
di PT Telkom. Proses konfirmasi variabel-variabel menggunakan metode Delphi. Tahap kedua
adalah penentuan variabel alat ukur berdasarkan usulan dari para pakar di PT Telkom. Variabel
yang telah ditentukan selanjutnya diterjemahkan menjadi pernyataan untuk mengukur loyalitas
pelanggan. Hasil penentuan variabel tersebut kemudian dilakukan pengujian validitas dan
reliabilitas.
Penelitian ini menghasilkan variabel-variabel yang mempengaruhi loyalitas pelanggan
IndiHome yang sudah diterjemahkan dalam bentuk pernyataan-pernyataan. Terdapat 4 variabel
laten yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu service quality, customer satisfaction, trust
dan perceived price.