digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Uniqlo adalah salah satu perusahaan Fashion Pakaian terbesar, pendekatan bisnis Uniqlo menyatukan seluruh proses pembuatan pakaian, mulai dari perencanaan dan desain hingga produksi, distribusi, dan ritel. Uniqlo memperluas operasi toko ritelnya di Indonesia pada tanggal 13 Februari 2013, dan saat ini Uniqlo Indonesia memiliki 65 Toko yang berlokasi di 25 Kota di Indonesia. Uniqlo Indonesia harus menghadapi tantangan dalam transformasi era digital ini, saat ini jumlah pemilik usaha yang membuka toko e-Commerce dan konsumen berbelanja online meningkat drastis selama pandemi COVID-19. Dibandingkan kompetitornya, Uniqlo memiliki tingkat kontribusi penjualan online terendah dengan Kontribusi Penjualan Online sebesar 16% dan Kontribusi Penjualan Offline sebesar 84%, Uniqlo menargetkan untuk meningkatkan kontribusi penjualan online hingga sebesar 20%. Penelitian ini mengusulkan pemaksimalan strategi integrasi omnichannel antara toko online Uniqlo Indonesia dan toko offline Uniqlo Indonesia untuk mencapai tujuan perusahaan Uniqlo yaitu menjadi perusahaan pakaian jadi nomor 1 di Dunia. Dalam penelitian ini terdiri dari analisis internal yang berisi analisis value chain dan analisis resources yang befungsi untuk mengevaluasi kondisi internal Uniqlo Indonesia serta mengetahui kekuatan dan kelemahannya, kemudian analisis eksternal yang berisi analisis general environment, analisis industry, dan analisis competitor yang berfungsi untuk mengevaluasi kondisi eksternal Uniqlo. Indonesia dan menentukan ancaman dan peluang bagi Uniqlo Indonesia, dan analisis customer journey yang berisi five A’s framework dan analisis omnichannel customer journey untuk mengevaluasi setiap touchpoints dari customer journey. Setelah tahap analisis, untuk memberikan solusi bagi Uniqlo Indonesia maka TOWS Matrix, Business Model Canvas, dan Value Proposition Canvas dikembangkan untuk menyempurnakan formulasi solusi bagi Uniqlo Indonesia. Untuk meningkatkan strategi integrasi omnichannel, Uniqlo Indonesia harus meningkatkan setiap toucpoints di seluruh saluran terintegrasi dalam customer journey dengan memanfaatkan sumber daya Uniqlo Indonesia. Strategi bisnis dan solusi yang diusulkan dalam penelitian ini dapat diterapkan pada Uniqlo Indonesia untuk meningkatkan kesadaran pelanggan, penjualan, dan loyalitas pelanggan.