Uniqlo adalah salah satu perusahaan Fashion Pakaian terbesar, pendekatan
bisnis Uniqlo menyatukan seluruh proses pembuatan pakaian, mulai dari
perencanaan dan desain hingga produksi, distribusi, dan ritel. Uniqlo
memperluas operasi toko ritelnya di Indonesia pada tanggal 13 Februari 2013,
dan saat ini Uniqlo Indonesia memiliki 65 Toko yang berlokasi di 25 Kota di
Indonesia. Uniqlo Indonesia harus menghadapi tantangan dalam transformasi
era digital ini, saat ini jumlah pemilik usaha yang membuka toko e-Commerce
dan konsumen berbelanja online meningkat drastis selama pandemi COVID-19.
Dibandingkan kompetitornya, Uniqlo memiliki tingkat kontribusi penjualan online
terendah dengan Kontribusi Penjualan Online sebesar 16% dan Kontribusi
Penjualan Offline sebesar 84%, Uniqlo menargetkan untuk meningkatkan
kontribusi penjualan online hingga sebesar 20%.
Penelitian ini mengusulkan pemaksimalan strategi integrasi omnichannel antara
toko online Uniqlo Indonesia dan toko offline Uniqlo Indonesia untuk mencapai
tujuan perusahaan Uniqlo yaitu menjadi perusahaan pakaian jadi nomor 1 di
Dunia. Dalam penelitian ini terdiri dari analisis internal yang berisi analisis
value chain dan analisis resources yang befungsi untuk mengevaluasi kondisi
internal Uniqlo Indonesia serta mengetahui kekuatan dan kelemahannya,
kemudian analisis eksternal yang berisi analisis general environment, analisis
industry, dan analisis competitor yang berfungsi untuk mengevaluasi kondisi
eksternal Uniqlo. Indonesia dan menentukan ancaman dan peluang bagi Uniqlo
Indonesia, dan analisis customer journey yang berisi five A’s framework dan
analisis omnichannel customer journey untuk mengevaluasi setiap touchpoints
dari customer journey. Setelah tahap analisis, untuk memberikan solusi bagi
Uniqlo Indonesia maka TOWS Matrix, Business Model Canvas, dan Value
Proposition Canvas dikembangkan untuk menyempurnakan formulasi solusi bagi
Uniqlo Indonesia.
Untuk meningkatkan strategi integrasi omnichannel, Uniqlo Indonesia harus
meningkatkan setiap toucpoints di seluruh saluran terintegrasi dalam customer
journey dengan memanfaatkan sumber daya Uniqlo Indonesia. Strategi bisnis dan
solusi yang diusulkan dalam penelitian ini dapat diterapkan pada Uniqlo
Indonesia untuk meningkatkan kesadaran pelanggan, penjualan, dan loyalitas
pelanggan.