Industri emas memiliki posisi yang signifikan dalam pertumbahan ekonomi di Indonesia. Produk emas memiliki beragam bentuk seperti perhiasan emas, dan emas batangan dan koin.Selain itu, emas memiliki tiga kegunaan utama yaitu sebagai investasi, hiasandan pemberian hadiah. Saat ini terjadi persaingan yang semakin ketat di industri emas baik pemain lokal maupun global,membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk membeli emas.Untuk itu, motivasi konsumern menjadi penting bagi bisnis karena dapat mempengaruhi perilaku dan tindakan konsumen, yang pada akhirnya akan mempengaruhi profitabilitas suatu bisnis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi konsumen terhadap niat pembelian produk emas dalam hal motif utilitarian dan simbolik yaitu motivasi investasi, hiasan, dan pemberian hadiah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 responden di wilayah Bandung dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 25 untuk mengetahui pengaruh motivasi konsumen terhadap niat pembelian produk emas.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap seluruh tipe konsumen (pria milenial, wanita milenial, pria >35 tahun, dan wanita >35 tahun. Motivasi hiasan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan untuk seluruh tipe konsumen, kecuali wanita>35 tahun. Sedangkan motif hadiah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan untuk seluruh tipe konsumen, kecuali pria milenial. Variabel independen pada wanita >35 tahun memiliki korelasi yang signifikan pada semua variabel independen lainnya. Pria >35 tahun hanya hiasan dan hadiah yang memiliki korelasi yang signifikan, sedangkan investasi dan hiasan tidak berkorelasi signifikan, dan investasi dan hadiah tidak berkorelasi signifikan. Untuk pria dan wanita milenials investasi dan hiasan, hiasan dan hadiah memiliki korelasi yang signifikan, sementara itu investasi dan hadiah tidak berkorelasi signifikan. Semua tipe konsumen memilih investasi sebagai motivasi terbesar mereka untuk membeli produk emas.
Rekomendasi untuk perusahaan adalah memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menarik minat beli pria dan wanita milenial, dan juga pria >35 tahun. Untuk wanita >35 tahun melakukan program rujukan, dan mengadakan seminar atau talkshow secara rutin.
Perpustakaan Digital ITB