digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi untuk meningkatkan kapasitas pembongkaran batubara yang mendukung tercapainya target volume pembongkaran batubara di Kertapati Port. Kendala berupa material batubara yang lengket sehingga pembongkaran tidak maksimal. Berdasarkan analisis menggunakan Current Reality Tree, akar masalah utama diidentifikasi yaitu keadaan batubara yang lengket saat pembongkaran batubara dari gerbong menyebabkan keterlambatan waktu SOP pembongkaran dan target pembongkaran batubara harian menjadi tidak konsisten. Solusi strategis yang dikembangkan untuk menangani batubara yang lengket adalah melapisi bagian dalam gerbong dengan bahan stainless steel menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), perencanaan jadwal proyek dengan Critical Path Method (CPM)), serta analisis kelayakan investasi menggunakan IRR, NPV, dan Payback Period. Hasil kajian menunjukkan bahwa skenario melapisi bagian dalam gerbong dengan bahan stainless steel mampu menurunkan biaya operasional secara signifikan dan mendukung pencapaian target produksi. Proyek ini juga dinilai sangat layak secara finansial dengan IRR sebesar 66%, NPV lebih dari Rp29,1 miliar, dan payback period selama dua tahun. Implementasi dirancang untuk dimulai paling lambat 1 Agustus 2025 dan diselesaikan sebelum 14 November 2025, dengan pelaksanaan dan pemantauan manajemen risiko secara berkelanjutan. Dengan pendekatan terintegrasi ini, melapisi bagian dalam gerbong dengan stainless steel diharapkan tidak hanya mencapai target volume pembongkaran, tetapi juga memperkuat ketahanan operasional jangka panjang perusahaan.