digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Didirikan sejak tahun 1995, Telkomsel secara konsisten melayani akses telekomunikasi ke seluruh masyarakat Indonesia. Operator seluler terbesar di Indonesia dengan 178.000 pelanggan. Dengan jumlah pelanggan yang terus bertambah, Telkomsel membuktikan bahwa mereka menghormati semua pelanggan mereka dengan apresiasi langsung yang nyata melalui Telkomsel Poin Penelitian ini mencari tahu apakah tingkat kepuasan pelanggan dari program yang menguntungkan ini dapat menjadi baik karena pemahaman tentang manfaat yang diperoleh disampaikan baik melalui semua komunikasi yang dilakukan. Menggunakan landasan teoritis untuk mempelajari kepuasan dari Telkomsel Poin yang terbagi menjadi dua, kualitas layanan dan kualitas promo yang dipengaruhi dengan iklan untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksploratif dan penelitian konklusif untuk mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan atas program yang diberikan. Berdasarkan nilai gap tertinggi adalah variasi merchant Telkomsel Point. Dan proposisi nilai untuk media iklan adalah media sosial, untuk jenis promo adalah paket internet, dan untuk jenis merchant adalah hiburan. Semua celah tertinggi dalam 6 variabel perlu dijalankan dalam new communication order of customer-centric IMC. Urutan komunikasi terdiri dari 3 hierarki; tujuan, pesan, instrumen. Dalam setiap hierarki terdapat 9 langkah yang bertujuan untuk meningkatkan nilai variabel kesenjangan. Aspek-aspek ini tidak dapat dipisahkan dari kinerja sebelumnya dan akan menjadi kinerja yang berkelanjutan. Semua kinerja untuk program loyalitas harus diseimbangkan antara perusahaan, merchant, dan pelanggan untuk menjadi kontinuitas. Ada 6 variabel yang dapat diimplementasikan lebih lanjut dan lebih dalam untuk menjadi rencana yang lebih matang.