digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Fisika kadang sulit dipahami dan kurang menarik jika tidak dikaitkan dengan konteksnya. Perkembangan game android yang banyak diminati memberikan peluang untuk menjadi salah satu solusinya. Untuk itu dibuat game 3D pada materi gerak peluru dengan platform android menggunakan Unity 5 edisi personal. Perangkat lunak pendukung yang digunakan yaitu Blender, Monodevelop dan Gimp. Selain itu digunakan data citra satelit Aster GDEM Pegunungan Bromo untuk pembuatan terrain. Genre game tersebut memadukan unsur simulasi, edukasi dan First Person Shooter (FPS). Scene utama terdiri dari simulasi gerak parabola, profil alutsista, dan permainan FPS tank. Keterampilan berpikir dilatih dengan memanfaatkan hierarki inquiry dan variabel fisis pada gerak parabola berupa impuls, kecepatan awal, sudut global, massa peluru, gravitasi, jarak dan tinggi posisi awal dan target. Lokasi Pegunungan Bromo dan kutipan pada splash screen digunakan untuk mengintegrasikan dengan disiplin ilmu lain meliputi materi Geografi, Sejarah dan Kewarganegaraan.