digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tuas throttle merupakan instrumen yang digunakan oleh pengemudi kereta api (masininis) untuk memberikan gaya traksi kepada lokomotif. Makalah ini menjelaskan desain, rancangan, implementasi dan pengujian sistem tuas throttle untuk keperluan simulator kereta api. Tuas throttle dibuat sebagai suatu sistem embedded yang mengambil input berupa gerakan pengguna pada lengan tuas dan output berupa nilai level throttle. Untuk itu sistem tuas didesain memiliki tiga unit subsistem yaitu (1) unit penerima input, (2) unit pengolah sinyal, dan (3) unit tampilan. Hasil pengujian terhadap tuas throttle telah memenuhi spesifikasi yang diinginkan yaitu memiliki 17 level yaitu mencakup level -8 hingga 8, memiliki pembatas level absolut dari 0 hingga 8, dan dapat memproses perhitungan dan pengiriman data level throttle ke komputer server melalui protokol komunikasi MQTT dalam waktu rata-rata 1.25 ms. Sistem tuas juga dilengkapi dengan proteksi sinyal yang menstabilkan gangguan pada sinyal level tuas yang berlangsung di bawah 50 ms dengan algoritma debouncing. Pada pengujiannya tidak ditemukan disrupsi sinyal di atas 50 ms dan seluruh disrupsi di bawah 50 ms telah berhasil distabilkan.