Groot adalah sebuah perusahaan yang bergerak di fesyen dengan produk jam tangan berbahan dasar limbah tulang sapi dan tanduk kerbau. Dengan memanfaatkan material limbah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual.
GROOT WATCH, yang ingin membawa nilai-nilai budaya, seni dan segalanya tentang Indonesia untuk dibagikan dengan pengguna jam tangan di seluruh dunia. Namun seiring berjalannya perusahaan Groot, saat ini penjualan Groot sangat tidak stabil. Penjualan produk Groot setiap bulannya tidak stabil. Dibandingkan dengan competitor yaitu jam tangan kayu, produk Groot masih kalah bersaing dari segi penjualan dan awareness konsumen. Riset ini akan memberikan solusi strategi pemasaran digital untuk menyeslesaikan permasalahan yang di hadapi Groot.
Riset ini menggunakan studi literature sebagai referensi, didukung dengan data yang di peroleh dari observasi dan wawancara. Riset ini menggunakan beberapa alat analisa untuk memeriksa kondisi internal perusahaan alat analisa yang digunakan adalah : Digital Marketing, STP analysis, Marketing Mix. Analisa internal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi yang dilakukan oleh perusahaan. Lalu untuk mengetahui kondisi diluar perusahaan. Alat analisa yang digunakan adalah : Market Analysis, Consumer Analysis, Competitor Analysis.
Dari hasil riset, di dapat ada empat penyebab yang mengakibatkan permasalahan Groot muncul. Empat penyebab maslah tersebut adalah : kurangnya kesadaran akan brand dan pengetahuan produk Groot, tidak optimalnya penggunaan digital platform, tidak ada konten kreatif, dan kurang nya konten marketing method. Implementasi dari strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah yang pertama optimalisasi digital marketing platform yang diantaranya redesign website, optimalisasi SEM, optimalisasi Instagram, optimalisasi facebook, optimalisasi youtube, email marketing, plan marketing campaign. Lalu yang kedua adalah meningkatkan kesadaran merek dan produk denga membuat konten media social dan video.
Perpustakaan Digital ITB