digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Seiring kemajuan teknologi saat ini, e-learning yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai media pembelajaran terus melakukan riset dan pengembangan. Inovasi-inovasi terbaru terus diterapkan pada e-learning guna memberikan dampak positif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan infrastruktur pembelajaran yang fleksibel, komunikatif dan kolaboratif yang menurut banyak survey dinilai dapat meningkatkan pengetahuan dan motivasi belajar. Keberadaan forum dalam e-learning yang berperan sebagai media diskusi dalam memahami dan mengembangkan materi, dinilai kurang efektif. Hal ini dikarenakan respon yang diterima lambat, user interface yang kurang menarik serta fitur-fitur yang sederhana. Hal tersebut merupakan kendala dalam mewujudkan pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Integrasi social network dan e-learning sebagai media pembelajaran mempunyai potensi untuk meningkatkan pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Pada social learning group, pembelajaran kolaboratif diimplementasikan dengan menggunakan teknik learning cycle 5E, sedangkan pembelajaran interaktif diterapkan menggunakan metode peer assessment. Interaksi yang terjadi di social learning group dapat dianalisa dengan menggunakan pendekatan Social Network Analysis (SNA). Pada penelitian ini, pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan teknik System Development Life Cycle (SDLC). Secara khusus, penelitian ini menggunakan Facebook sebagai social network platform dan Gephi sebagai SNA software untuk menampilkan graph interaksi antar anggota dalam social learning group. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa dalam waktu singkat interaksi antar mahasiswa dan pengajar mengalami peningkatan dan berdampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa.