Pembelajaran kolaboratif digital menghadirkan tantangan dalam merancang
aktivitas, urutan pekerjaan, dan motivasi pengguna secara terukur untuk mencapai
hasil pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan elemen
gamifikasi ke dalam rancangan tugas kolaboratif digital untuk meningkatkan
motivasi dan partisipasi pembelajar. Implementasi dilakukan pada aplikasi
pembelajaran tata tulis bahasa Indonesia, JagoEYD, melalui pengembangan fitur
berbasis gawai yang mencakup diskusi kelompok dan kuis berbasis tim. Pengujian
melibatkan 45 responden dalam kelompok eksperimen dan 32 responden dalam
kelompok kontrol. Evaluasi reaksi menggunakan kuesioner Technology Acceptance
Model menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara persepsi kemudahan,
manfaat, dan sikap terhadap penggunaan aplikasi. Evaluasi pengetahuan
menunjukkan perbedaan positif antara kelompok eksperimen dan kontrol,
meskipun tidak signifikan secara statistik. Namun, pengguna dengan tingkat
pengetahuan awal rendah menunjukkan peningkatan signifikan. Evaluasi
partisipasi menunjukkan bahwa interaksi kelompok eksperimen meningkat secara
konsisten dibandingkan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa
integrasi gamifikasi dalam pembelajaran kolaboratif digital mampu mendorong
motivasi dan meningkatkan partisipasi pembelajar. Temuan ini memberikan
kontribusi bagi pengembangan desain pembelajaran berbasis teknologi yang lebih
efektif.
Perpustakaan Digital ITB