digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flipbook Dessy Rondang Monaomi

Pembelajaran kolaboratif digital menghadirkan tantangan dalam merancang aktivitas, urutan pekerjaan, dan motivasi pengguna secara terukur untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan elemen gamifikasi ke dalam rancangan tugas kolaboratif digital untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi pembelajar. Implementasi dilakukan pada aplikasi pembelajaran tata tulis bahasa Indonesia, JagoEYD, melalui pengembangan fitur berbasis gawai yang mencakup diskusi kelompok dan kuis berbasis tim. Pengujian melibatkan 45 responden dalam kelompok eksperimen dan 32 responden dalam kelompok kontrol. Evaluasi reaksi menggunakan kuesioner Technology Acceptance Model menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara persepsi kemudahan, manfaat, dan sikap terhadap penggunaan aplikasi. Evaluasi pengetahuan menunjukkan perbedaan positif antara kelompok eksperimen dan kontrol, meskipun tidak signifikan secara statistik. Namun, pengguna dengan tingkat pengetahuan awal rendah menunjukkan peningkatan signifikan. Evaluasi partisipasi menunjukkan bahwa interaksi kelompok eksperimen meningkat secara konsisten dibandingkan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa integrasi gamifikasi dalam pembelajaran kolaboratif digital mampu mendorong motivasi dan meningkatkan partisipasi pembelajar. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan desain pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif.