digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Rel adalah suatu komponen utama di jalan rel, dengan fungsi yang sangat menentukan dalam pengoperasian dan keselamatan kendaraan rel, untuk ini perlu dilakukan analisis yang tepat untuk memilih rel dengan kekuatan dan umur yang sesuai harapan. Perancangan yang saat ini dipakai di lingkungan PJKA, adalah dengan meninjau kekuatan tegangan di dasar rel. Analisis dengan teori probabilitas menunjukkan, bahwa perancangan tali sangat konservative. Analisis lebih lanjut dengan teori probabilitas ini, menunjukkan bahwa umur rel yang dirancang oleh peraturan PJKA, banyak yang tidak akan mencapai 40 tahun. Untuk mengetahui umur rata-rata tiap jenis rel yang mungkin terjadi, maka ditentukan dahulu besarnya resiko untuk rel ini yaitu minimum 0,001, dengan asumsi bahwa, sifat bangunan merupakan 'public service' (pelayanan umum) dan beban yang bekerja dapat dianggap seperti bangunan permanen (beton bertulang).Dengan diketahuinya umur rata-rata tiap jenis rel, maka diharapkan 'public service' PJKA dapat berjalan lebih baik sesuai dengan harapan dan cita-cita karyawan PJKA.