digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Metrokapsul merupakan moda transportasi massal ringan yang efisien, efektif dalam mengangkut penumpang di perkotaan. Struktur Metrokpasul memiliki kemiripan dengan struktur kereta pada umumnya, yaitu terdiri dari struktur badan Metrokapsul, base frame, struktur bogie, bolster frame dan tambahan guidewheel frame. Salah satu komponen kritis pada Metrokapsul adalah struktur bogie. Ketika Metrokapsul beroperasi, struktur bogie mengalami beban siklik akibat ketidakrataan jalur, massa penumpang, dan akselerasi. Oleh karena itu struktur bogie perlu dilakukan analisis dan uji lelah untuk menjamin keberlangsungan waktu operasi Metrokapsul. Lingkup penelitian ini membahas studi mengenai pemilihan standar dan penentuan metode pembebanan uji lelah yang sesuai dengan karateristik beban operasi Metrokapsul serta perkiraan umur lelah struktur bogie untuk dibandingkan dengan persyaratan uji lelah berdasarkan standar dan definisi beban uji yang telah ditentukan. Metode pengujian lelah struktur bogie mengacu pada standar EN 13749:2011 kategori B-I/B-II untuk definisi beban dan kasus pembebanan mengacu pada kategori B-III/B-IV. Persyaratan uji lelah pada standar EN 13749 dilakukan sebanyak 10 juta siklus, tahap pertama 6 juta siklus, tahap kedua 2 juta siklus dan tahap ketiga 2 juta siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pertama struktur bogie dapat bertahan hingga 551 juta siklus ekuivalen dengan 520 ribu repetisi, 207 juta siklus ekuivalen dengan 195 ribu repetisi pada tahap kedua dan 90,4 juta siklus ekuivalen dengan 85 ribu repetisi pada tahap ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkiraan umur lelah struktur bogie masih memenuhi syarat uji elah berdasarkan standar EN 13749.