ABSTRAK Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muhammad Raza Abyanshah Khan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Kereta Ringan Hybrid dan Cerdas merupakan salah satu moda transportasi modern yang didesain dengan mengusung konsep kereta hybrid yang berkecepatan tinggi. Dengan kemampuan tersebut tentunya dibutuhkan kekuatan struktur yang memadai untuk untuk mengakomodasi beban yang terjadi selama waktu pengoperasian kereta. Penelitian ini melakukan analisis untuk pembebanan statik dan dinamik terhadap struktur rangka bogie kereta yang beroperasi pada kecepatan tinggi. Analisis pembebanan statik dilakukan dengan mengimplementasikan beban eksepsional berdasarkan standar untuk mengetahui ketahanan struktur rangka bogie terhadap kondisi eksepsional. Analisis pembebanan dinamik ditujukan untuk mendapatkan spektrum tegangan untuk dilakukan perhitungan fatigue berdasarkan pendekatan cumulative damage. Spektrum tegangan dikelompokkan menggunakan rainflow counting untuk selanjutnya dihitung usia fatiguenya berdasarkan Miner’s rule. Simulasi statik dan dinamik dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Abaqus. Perhitungan usia fatigue dilakukan dengan mengasumsikan dalam sehari hanya menempuh rute perjalanan kereta dari Makasar ke Parepare sejauh 140 km sebanyak satu kali pulang-pergi atau satu trip. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan usia fatigue untuk struktur rangka bogie selama 10,32 tahun atau sebanding dengan 3766 trip perjalanan.