digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sebagai salah satu fondasi ekononi di Indonesia, UKM telah mendapatkan perhatian dan prioritas yang lebih dari pemerintahan Indonesia. UKM di Indonesia berjalan di berbagai sektor, seperti fashion. Pasar terbesar dari fashion berasal dari wanita karena adanya peningkatan pengeluaran mereka yang disebabkan oleh peningkatan pendapatan. Sebagai brand yang menjual salah satu produk fashion, yaitu aksesoris, Adhwa Handmade Accessories telah berjalan semenjak tahun 2010 di Bandung. Namun, bisnis tersebut sedang menghadapi naik dan turun dalam penjualan mereka yang disebabkan oleh strategi marketing mereka saat ini. Sebuah penawaran strategi marketing dibutuhkan untuk menyelesaikan isu ini. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal lingkungan bisnis terkini dari Adhwa Handmade Accessories dalam rangka menemukan strategi marketing yang sesuai untuk diterapkan di bisnis ini. Penelitian ini menggunakan tinjauan literatur dan metodologi kualitatif dengan wawancara mendalam dari konsumen wanita Adhwa Handmade Accessories. Penelitian ini menemukan lingkungan internal bisnis terkini dengan menggunakan STP dan Marketing Mix dan lingkungan eksternal bisnis dengan menggunakan PEST Analysis, Porter’s Five Forces, dan Customer Analysis. Sebagian banyak hasilnya menunjukkan hasil yang positif untuk strategi marketing untuk bisnis ini. Penawaran strategi marketing ditemukan melalui SWOT Analysis, Root Cause Analysis dan TOWS Matrix. Berdasarkan Root Cause Analysis, penelitian ini menemukan penyebab utama berasal dari bagian promosi dan tempat. Oleh karena itu, penawaran strategi marketing yang dipilih berdasarkan relevansi dengan penyebab utama adalah optimisasi penjualan melalui pasar online, membuat strategi digital marketing, dan optimisasi showroom. Penawaran strategi yang telah ditetapkan kemudian akan di implementasi menjadi suatu rencana aksi dan lini masanya. Selain itu, budgeting yang ditawarkan telah dibuat juga untuk memastikan bahwa rencana aksi dapat di eksekusi.