Pengembangan terbaru dari desain kereta kapsul yang didesain oleh PT Treka menggunakan desain bogie dengan bolster. Desain ini perlu diuji performa kestabilannya pada lintasan lurus dan lintasan menikung. Pengujian dilakukan dengan membuat model dan melakukan simulasi dengan bantuan perangkat lunak.
Pemodelan dan simulasi dilakukan dengan basis sistem benda jamak dengan perangkat lunak Universal Mechanism (UM). Perangkat lunak UM memiliki dua modul yaitu UM Input dan UM Simulation. Pemodelan dilakukan dengan membagi sistem kereta kapsul menjadi tiga subsistem yaitu subsistem bodi, dan dua subsistem bogie yang dilakukan pada modul UM Input. Model yang sudah selesai kemudian divalidasi dengan mengukur gaya normal pada kondisi statik dan gaya pengarah pada kondisi melaju pada lintasan menikung.
Model yang sudah valid kemudian dianalisis performa kestabilannya pada lintasan lurus (running stability) dan lintasan menikung (curving performance) dengan menggunakan bantuan perangkat lunak UM Simulation. Acuan yang digunakan dalam menilai performa kestabilan kereta kapsul tersebut adalah UIC-518.
Berdasarkan hasil simulasi dan analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kereta kapsul, dengan desain bogie yang menggunakan bolster, aman untuk dioperasikan pada lintasan menikung dengan radius minimum 80 m dengan kecepatan operasi 30 km/jam. Pada lintasan lurus kereta kapsul aman dioperasikan pada sampai kecepatan 90 km/jam dan kecepatan kritis kereta kapsul adalah sebesar 110 km/jam.
Perpustakaan Digital ITB