digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Suatu perusahaan dapat bertahan apabila perusahaan tersebut mampu menjaga kepuasan pelanggan. Salah satu parameter fundamental yang menjadi syarat dalam kepuasan pelanggan yaitu mutu. Upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga mutu perusahaan yaitu dengan menerapkan ISO 9001. ISO 9001 merupakan standar internasional yang berfokus pada sistem manajemen mutu. PT. Sinar Terang Logamjaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur di Indonesia. PT. Sinar Terang Logamjaya berperan sebagai pemasok bagi perusahaan lain yang berfokus pada industri perakitan sepeda motor atau perusahaan komponen lainnya. PT. X merupakan perusahaan multinasional dan merupakan pelanggan terbesar bagi PT. Sinar Terang Logamjaya. Saat ini PT. X sedang mengembangkan pedoman quality assurance system dan menginginkan supplier dan subkontraknya menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Saat ini, PT. Sinar Terang Logamjaya telah menerapkan ISO 9001:2008. Pada tahun 2015, ISO menerbitkan versi terbaru ISO 9001, yaitu ISO 9001:2015. Dengan adanya versi terbaru tersebut, perusahaan diberikan waktu transisi hingga bulan September 2018. Dalam upaya mempertahankan standar tersebut, perusahaan harus melakukan identifikasi pemenuhan persyaratan ISO 9001:2015 berdasarkan dokumen yang dimiliki saat ini. Berdasarkan hasil identifikasi yang telah dilakukan, terdapat 12 klausul yang belum terpenuhi oleh perusahaan untuk memenuhi persyaratan ISO 9001:2015. Klausul yang belum terpenuhi tersebut adalah 4.1, 4.2, 4.4, 5.1.1, 5.1.2, 5.2.1, 6.1, 6.2.2, 9.1.3, 9.2, 9.3.2, dan 10.2. Untuk memenuhi persyaratan tersebut, terdapat beberapa penyesuaian yang harus dilakukan perusahaan, meliputi penambahan aktivitas manajemen risiko pada proses bisnis perusahaan serta penyesuaian dokumen yang terdiri dari kebijakan mutu, manual mutu, prosedur, dan formulir.