digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Adilah Dhiahidayah
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Kodasindo Tatasarana merupakan perusahaan percetakan dengan spesialisasi dalam produksi label RFID dan barcode UPC. Saat ini, PT Kodasindo Tatasarana menghadapi kenaikan keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian produk dalam aspek warna, spesifikasi, dan waktu pengiriman. Selain itu, ekspektasi pelanggan meningkat agar perusahaan tersertifikasi ISO 9001:2015. Menyadari pentingnya menjaga kualitas layanan yang berkelanjutan, PT Kodasindo Tatasarana berencana menerapkan sistem manajemen mutu yang terstandarkan untuk mengatasi masalah ini dan mencapai visi perusahaan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian terkait perancangan sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk memberikan pedoman rancangan sistem manajemen mutu untuk PT Kodasindo Tarasarana dalam proses sertifikasi ISO 9001:2015. Penelitian ini dilakukan melalui identifikasi pemenuhan persyaratan pada sistem manajemen mutu saat ini dengan metode gap analysis dan perancangan sistem manajemen mutu dengan metode pendekatan proses. Identifikasi pemenuhan persyaratan ISO 9001:2015 dilakukan melalui pengumpulan data dengan metode pengumpulan data berupa peninjauan dokumen mutu perusahaan saat ini melalui tahapan identifikasi profil perusahaan, identifikasi dan pemetaan proses, identifikasi pemenuhan persyaratan ISO 9001:2015, dan penentuan usulan pemenuhan persyaratan ISO 9001:2015. Sementara perancangan dilakukan melalui tahapan pemahaman konteks organisasi, penentuan dan pemetaan proses, perancangan dokumen mutu, dan perencanaan sistem manajemen mutu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini PT Kodasindo Tatasarana memiliki delapan belas proses utama, empat proses pendukung, dan satu proses manajemen. Berdasarkan pemetaan tersebut, PT Kodasindo Tatasarana belum memenuhi seluruh persyaratan ISO 9001:2015. Diperoleh area yang memerlukan perbaikan untuk memenuhi persyaratan ISO 9001:2015 yang mana terdapat 42 klausul dengan persyaratan yang belum terpenuhi dan 21 klausul dengan persyaratan sudah terpenuhi. Oleh karena itu, dilakukan perancangan sistem manajemen mutu berupa sembilan proses, sepuluh aktivitas, delapan belas prosedur, dua belas formulir, dan delapan dokumen pendukung sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.