digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ANDAM_27115040.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Saipul Aripin

Permainan interaktif merupakan salah satu sarana hiburan digital yang kini mulai merambah sarana edukasi. Dalam penciptaan sebuah permainan interaktif terdapat rancangan desain yang mendasarinya. Salah satu jenis permainan interaktif bertema edukasi yang banyak dirancang adalah permainan kosakata bahasa Indonesia. Permainan Katabrak, Puzzle 5 Dasar, dan Word Space merupakan beberapa contoh dari permainan interaktif kosakata bahasa Indonesia yang ada. Namun, penelitian ini ditekankan pada efektivitas permainan interaktif kosakata khususnya dalam desain permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas permainan interaktif kosakata bahasa Indonesia dalam ranah desain. Permainan yang diujikan dalam penelitian ini ialah permainan Katabrak, Puzzle 5 Dasar, dan Word Space. Penelitian dilakukan di kota Bandung, tepatnya di SDN Banjarsari 113. Responden dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 3, sebanyak 37 responden. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode rancangan penelitian one group pre test-post test. Metode ini dipilih untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata pada responden setelah dan sebelum diberikan perlakuan, sehingga efektivitas permainan dapat diketahui. Tes yang dilakukan adalah tes kecepatan untuk mengetahui jumlah kosakata yang diketahui responden dan tes angket ketergunaan (usability) permainan interaktif yang diujikan. Hasil tes diolah dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solutions) untuk mengetahui efektivitas dari permainan interaktif dengan dilakukan uji-t dan uji skala efek. Hasil penelitian menunjukkan ketiga permainan yang diujikan efektif dalam meningkatkan kosakata bahasa Indonesia dikarenakan adanya peningkatan rata-rata jumlah kosakata dari 100,19 saat pra-tes menjadi 111,7 setelah pasca tes. Permainan kosakata bahasa Indonesia yang memiliki nilai peningkatan tertinggi adalah permainan Puzzle 5 Dasar. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi efektivitas permainan interaktif dalam meningkatkan pengetahuan pemainnya yaitu mekanisme permainan, kepuasan dalam bermain, dan tampilan permainan