digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi user interface fitur kirim barang dan fitur jual bagasi pada aplikasi telepon genggam Triplogic, menggunakan pendekatan usability, untuk kemudian melakukan perancangan usulan perbaikan untuk user interface fitur kirim barang dan fitur jual bagasi. Evaluasi usability dilakukan karena perusahaan ingin mengetahui kemudahan penggunaan dari aplikasi Triplogic dari sudut pandang pengguna, karena selama ini PT Triplogic Semesta Raya belum pernah melakukan pengujian aplikasi terhadap pengguna. Evaluasi usability dilakukan secara sumatif menggunakan teknik pengujian usability dan usability inquiry, dalam bentuk pengukuran performa terhadap efektivitas, efisiensi, learnability dan kepuasan pengguna, protokol think-aloud, dan kuesioner. Penelitian dilakukan terhadap 40 orang partisipan, yang dibagi ke dalam kelompok pemula dan non-pemula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur kirim barang dinyatakan belum efektif, memiliki nilai kepuasan yang cukup rendah, namun memiliki learnability yang baik, sedangkan untuk fitur jual bagasi dinyatakan sudah efektif, memiliki nilai kepuasan yang cukup tinggi, namun memiliki learnability yang buruk. Penelitian ini menghasilkan 13 usulan perbaikan, yang terdiri atas dua usulan untuk aplikasi Triplogic secara umum, 8 usulan perbaikan untuk fitur kirim barang, dan 3 usulan perbaikan untuk fitur jual bagasi.