digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

GoBIG Sport adalah sebuah toko ritel yang menyediakan beragam peralatan olahraga. Seiring dengan berkembangnya toko, kebutuhan akan akses yang cepat dan tepat terhadap informasi produk beserta kebijakan toko semakin meningkat. Namun, GoBIG Sport masih belum memiliki sistem digital yang fleksibel dan bisa mendukung akses tersebut secara cepat. Untuk mengatasi masalah ini, GoBIG Sport berencana untuk mengembangkan sebuah chatbot yang dapat digunakan oleh para pegawai dan pemilik untuk mendapatkan akses terhadap informasi secara cepat dan tepat. Penelitian ini akan berfokus pada perancangan desain antarmuka pengguna untuk chatbot bernama Alma AI, yang akan dirancang untuk dan berpusat pada penggunanya, yaitu pemilik dan pegawai GoBIG Sport. Pendekatan perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah User Centered Design (UCD), sebuah metode yang menekankan pada keterlibatan aktif pengguna selama proses perancangan berlangsung. Pendekatan ini memastikan hasil produk akhir dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal fungsionalitas, usability, dan kepuasan pengguna. Beberapa tahap dilalui untuk melakukan penelitian ini, meliputi memahami pengguna, memahami konteks penggunaan sistem yang ingin dirancang, membuat spesifikasi kebutuhan, merancang prototipe desain, hingga melakukan evaluasi terhadap hasil rancangan. Beberapa tools yang digunakan adalah user persona, user journey map, user story, user flow, information architecture, wireframe, dan high-fidelity prototype digunakan untuk menghasilkan desain yang memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe high-fidelity dari antarmuka pengguna Alma AI chatbot yang dibuat khusus untuk pemilik dan pegawai GoBIG Sport dengan 20 kebutuhan pengguna dan tiga alur pengguna. Pengujian usability dilakukan untuk mengukur efektivitas dengan menghitung persentase keberhasilan pengerjaan tugas, efisiensi dengan mengukur durasi pengerjaan tiap tugas, dan kepuasan pengguna dengan menghitung skor SUS. Hasil dari pengujian ini adalah 100% keberhasilan tugas, data durasi pengerjaan tiap tugas, dan skor SUS senilai 83. Meskipun begitu, dilakukan tujuh perbaikan desain berdasarkan pengujian menggunakan Retrospective Think Aloud (RTA). Implementasi dari UCD pada penelitian ini membuktikan bahwa metode UCD efektif untuk menciptakan antarmuka pengguna yang intuitif serta ramah pengguna.