Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - Ikbar Nabil Saifuhri
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
GoBIG Sport adalah sebuah toko ritel yang menyediakan beragam peralatan olahraga.
Seiring dengan berkembangnya toko, kebutuhan akan akses yang cepat dan tepat terhadap
informasi produk beserta kebijakan toko semakin meningkat. Namun, GoBIG Sport masih
belum memiliki sistem digital yang fleksibel dan bisa mendukung akses tersebut secara cepat.
Untuk mengatasi masalah ini, GoBIG Sport berencana untuk mengembangkan sebuah
chatbot yang dapat digunakan oleh para pegawai dan pemilik untuk mendapatkan akses
terhadap informasi secara cepat dan tepat. Penelitian ini akan berfokus pada perancangan
desain antarmuka pengguna untuk chatbot bernama Alma AI, yang akan dirancang untuk
dan berpusat pada penggunanya, yaitu pemilik dan pegawai GoBIG Sport.
Pendekatan perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah User Centered Design
(UCD), sebuah metode yang menekankan pada keterlibatan aktif pengguna selama proses
perancangan berlangsung. Pendekatan ini memastikan hasil produk akhir dapat memenuhi
kebutuhan pengguna dalam hal fungsionalitas, usability, dan kepuasan pengguna. Beberapa
tahap dilalui untuk melakukan penelitian ini, meliputi memahami pengguna, memahami
konteks penggunaan sistem yang ingin dirancang, membuat spesifikasi kebutuhan,
merancang prototipe desain, hingga melakukan evaluasi terhadap hasil rancangan. Beberapa
tools yang digunakan adalah user persona, user journey map, user story, user flow,
information architecture, wireframe, dan high-fidelity prototype digunakan untuk
menghasilkan desain yang memenuhi kebutuhan pengguna.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe high-fidelity dari antarmuka pengguna Alma
AI chatbot yang dibuat khusus untuk pemilik dan pegawai GoBIG Sport dengan 20
kebutuhan pengguna dan tiga alur pengguna. Pengujian usability dilakukan untuk mengukur
efektivitas dengan menghitung persentase keberhasilan pengerjaan tugas, efisiensi dengan
mengukur durasi pengerjaan tiap tugas, dan kepuasan pengguna dengan menghitung skor
SUS. Hasil dari pengujian ini adalah 100% keberhasilan tugas, data durasi pengerjaan tiap
tugas, dan skor SUS senilai 83. Meskipun begitu, dilakukan tujuh perbaikan desain
berdasarkan pengujian menggunakan Retrospective Think Aloud (RTA). Implementasi dari
UCD pada penelitian ini membuktikan bahwa metode UCD efektif untuk menciptakan
antarmuka pengguna yang intuitif serta ramah pengguna.
Perpustakaan Digital ITB