2017 TS PP STEVANUS ANDRE BUDIONO 1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza
Bakmi Ayung adalah restaurant mie cepat saji yang dibuka oleh Hendra Paulus pada tahun 2005.
Bakmi Ayung menyediakan makanan Bangka autentik dengan ayam yang memiliki rasa yang
enak dan harga terjangkau untuk pekerja kantoran maupun keluarga. Bakmi Ayung menyajikan
mie olahan sendiri dengan variasi jenis makanan seperti Mie Ayam, pempek, dan Tahu Kok.
Meskipun sudah berdiri lama, Bakmi Ayung memiliki kesulitan dengan kompetisi dan
persaingan sekarang, dimana Bakmi Ayung harus bersaing menghadapi perubahan teknologi
zaman dan perubahan selera konsumer. Kondisi ekonomi dan politik di Indonesia, terutama di
Jakarta membuat Bakmi Ayung berpikir dan mempertimbangkan untuk membuka cabang baru
dikarenakan kondisi ekonomi yang membuat ketakutan untuk tidak dapat memenuhi target
jualan untuk menutupi biaya operasional. Trend zaman sekarang dimana kombinasi atau model
baru mie instant yang berkembang di Jakarta, merupakan tantangan kepada Bakmi Ayung untuk
tetap berjualan dan persaingan penjualan yang dirasa menurun.
Oleh karena itu, Bakmi Ayung berusaha untuk mereposisi dan mencari strategi yang lebih baik
untuk dapat bersaing dengan bakmi lain serta mencari keunggulan dari Bakmi nya. Untuk
membantu Bakmi Ayung untuk dapat berkembang, peneliti menggunakan kombinasi metode
kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh data yang tepat. Wawancara tersruktur dengan
pemilik akan membantu mendapatkan data kualitatif, sementara untuk data kuantitatif akan
diperoleh menggunakan metode kuisioner, dimana akan dikaji menggunakan analisa SWOT,
TOWS matriks, dan analisa Porter, yang kemudian akan dianalisa lebih lanjut untuk
mengembangkan strategi untuk Bakmi Ayung dalam bersaing dan menonjolkan keunggulannya.
Bakmi Ayung nanti akan menggunakan keunikan dari waktu, konsumer, tempat, dan relasi
didalam pembuatan Bisnis Kanvas yang baru.
Didalam bisnis plan proposal untuk Mie Ayung, perusahaan dapat memecahkan masalah dengan
mencoba pendekatan baru. Penambahan consumer dengan membuka cabang dan menambahkan
segmen baru. Selain itu, dapat juga dengan memberikan pengalaman makan yang lebih baik dan
nyaman. Perubahan jaman dapat menantang, namun Mie Ayung dapat mengikuti perubahan
jaman tersebut dengan cara berjualan online, membuat website, dan ikut serta dalam aplikasi
order makanan, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan.
Perpustakaan Digital ITB