Penelitian ini menganalisis waktu tunggu yang dialami oleh pelanggan Restoran XYZ pada jam sibuk (Sabtu-Minggu, pukul 12.00-14.00 dan 17.00-19.00). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor atau akar permasalahan yang menyebabkan lamanya waktu tunggu. Selain itu, tujuan lainnya juga untuk mengidentifikasi, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi yang efektif yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengoptimalkan sistem proses pemesanan sehingga dapat mengurangi waktu tunggu yang lama yang dialami oleh pelanggan Restoran XYZ. Waktu tunggu pada penelitian ini ditujukan pada saat pelanggan mengantri untuk memesan makanan dan minuman hingga pelanggan mendapatkan makanannya. Waktu tunggu saat ini yang dialami pelanggan adalah 34 menit. Sementara itu, Restoran XYZ memiliki tujuan untuk mengurangi waktu tunggu menjadi 25 menit. Terget ini ditentukan dengan pertimbangan dari pihak pelanggan dan restoran. Untuk menganalisis, penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode kuantitatif akan digunakan untuk mengumpulkan data waktu pemesanan dan antrian secara langsung melalui observasi. Sedangkan metode kualitatif akan digunakan untuk mengumpulkan persepsi, pengalaman, dan harapan dari pihak perusahaan dan pelanggan melalui wawancara. Data kualitatif akan digunakan sebagai tolak ukur dan dasar analisis penelitian. Dengan pendekatan ini, penelitian juga akan mengadopsi kerangka kerja DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk mengidentifikasi masalah, mengukur data, menganalisa data, menghasilkan solusi, dan menyiapkan rencana kontrol untuk mempertahankan hasil solusi. Secara keseluruhan, penelitian ini mengusulkan untuk mengubah sistem pemesanan dari Restoran XYZ menjadi sistem pemesanan digital dengan menggunakan website yang akan mengurangi waktu tunggu karena antrian akan berubah dari fisik menjadi digital. Selain itu, penelitian ini juga mengusulkan beberapa perubahan untuk mengintegrasikan solusi dan rencana pemantauan.