digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Industri minuman adalah salah satu industri yang menjadi kontributor terbesar bagi industri kreatif di Indonesia. Perkembangan industri minuman dapat dilihat dari peningkatan jumlah bisnis yang berkaitan dengan minuman dalam beberapa tahun terakhir. Industri minuman terus menerus mengalami perubahan. Pesaing baru bermunculan dan pesaing lama meningkatkan keunggulan kompetitif mereka. CV Fruity Indonesia sebagai salah satu pelopor bisnis minuman ritel di Bandung harus meningkatkan strategi dan mentransformasi bisnisnya untuk bisa mengikuti keadaan dan kompetisi dan juga untuk mempersiapkan diri untuk masa depan. Untuk bisa bertransformasi, model bisnis yang sekarang digunakan oleh perusahaan serta berbagai jenis bisnis model yang ada di industri minuman dianalisis. Model bisnis yang saat ini digunakan akan dianalisis dengan mengginakan sembilan bangunan balok dari model bisnis kanvas, beserta dengan sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki oleh perusahaan. Industri minuman dianalisis dengan menggunakan kerangka enam jalur dari strategi samudera biru. Dari analisis didapatkan hasil bahwa model bisnis yang saat ini digunakan harus dikembangkan dan ada aspek dalam industri bisa menjadi peluang bagi perusahaan dalam transformasi bisnisnya. Mempertimbangkan analisis-analisis tersebut, ada beberapa tambahan utama untuk model bisnis yang bisa diimplementasikan dan diintegrasikan dengan model bisnis perusahaan saat ini, yaitu: menyasar anak-anak, meningkatkan nilai, dan menyasar penyuluh hidup sehat sebagai mitra penting. Keunggulan kompetitif usulan bisnis model baru kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis posisi kompetitif terhadap kelompok strategis dalam industri. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa bisnis model baru bisa menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan. Model bisnis baru diimplementasikan dengan menggunakan strategi transformasi bisnis, yang memiliki 2 fase. Fase pertama adalah Keunggulan Operasi dan fase kedua adalah Peningkatan Bisnis. Rancangan implementasi dilakukan dalam periode 8 bulan agar perusahaan bisa mempersiapkan sumber daya yang diperlukan untuk bertransformasi Kata Kunci: Model Bisnis, Model Bisnis Kanvas, Transformasi Bisnis, Industri Minuman, trategi Samudera Biru, Kerangka Enam Jalur.