digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Persib Bandung Bermartabat (PT. PBB) adalah perusahaan yang sedang dalam masa transisi untuk menjadi sebuah entitas bisnis yang profesional dan mandiri dalam industri sepakbola nasional. Untuk mewujudkan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang profesional dan mandiri, PT. PBB membutuhkan strategi yang efektif dan sinergis. Fokus Proyek Akhir ini adalah pada formulasi strategi bagi PT. PBB dalam menghadapi tantangan dan kesempatan dalam lingkungan yang dihadapi, dan menyusun rencana implementasi serta rencana kerja yang efektif bagi perusahaan. Formulasi dalam Proyek Akhir ini dimulai dengan melakukan analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, dan dilanjutkan dengan analisis matriks TOWS untuk menentukan strategi korporat dan bisnis perusahaan dalam mencapai tujuannya. Untuk mengimplementasikan strategi tersebut selanjutnya disusun strategy map dan balanced scorecard untuk memperoleh sasaran strategis dan ukuran keberhasilan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diusulkan strategi bagi PT. PBB adalah:(1) membangun sustainable resources melalui pengelolaan brand yang mendukung kinerja lini bisnis lain, dilakukan dengan menyelenggarakan kampanye dan event sosial-promosional bersama strategic partners, eksploitasi brand pemain, dan peningkatan performa pelayanan konsumen.; (2) vertical growth strategy dengan menjalin strategic alliance dan partnership dalam proses produksi dan distribusi merchandise, serta meningkatkan aksesibilitas dengan membuka outlet dan membangun infrastruktur penjualan on-line; (3) melakukan investasi pada lini bisnis tak-terkait (conglomerate diversification) untuk mengatasi ancaman ketidakstabilan performa olahraga; (4) meningkatkan kapabilitas internal demi tercapainya operational effectiveness secara organisasi; (5) peningkatan performa olahraga, dilakukan dengan membangun tim yang kuat dan berimbang, terdiri atas pemain bintang yang memiliki kualitas dan daya jual tinggi, pemain berkualitas dengan workrate tinggi, dan pemain muda potensial , merekrut pelatih berkualitas, penerapan kontrak jangka panjang berbasis performance, dan berinvestasi pada infrastruktur pembinaan. Perusahaan direkomendasikan untuk segera mengimplementasikan pada awal tahun atau pada awal musim kompetisi 2011-2012. Dan target penting dari rencana strategis ini adalah peningkatan kapabilitas organisasi, memiliki lini bisnis tak-terkait sebagai sumber pemasukan alternatif pada tahun ke-2, tim sepakbola ditargetkan meraih prestasi juara kompetisi nasional dalam 3 tahun, mewujudkan zero-deficit dari kegiatan operasional pada tahun ke-5, dan klub memiliki infrastruktur latihan sendiri sebagai hasil investasi strategis jangka panjang.