digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penyelenggaraan aktivitas pembelajaran dengan mendayagunakan aplikasi e-learning di Indonesia mengalami tahap perkembangan yang positif pada tahun-tahun terakhir. Institusi perguruan tinggi di Indonesia mulai mencoba mendorong pengembangan materi-materi untuk lingkungan e-learning agar materi-materi yang diposisikan sebagai pendukung aktivitas pembelajaran di dalam kelas dapat diakses secara online oleh para pembelajar. Dalam menyusun materi-materi tersebut, tenaga pendidik dapat menerapkan konsep Reusable Learning Objects (RLO) dengan membuat objek pembelajaran yang terpecah dalam satuan yang lebih kecil sehingga materi yang sama dapat digunakan berulang-ulang. RLO dapat merupakan materi yang dibuat sendiri oleh para tenaga pendidik maupun merupakan materi yang sudah tersedia di Internet dan siap pakai. Tulisan ini membahas konsep e-learning, konsep penyusunan materi e-learning dan Bloom’s Digital Taxonomy, konsep RLO, manfaat dan tantangan penggunaan RLO, dan sumber-sumber RLO siap pakai yang dapat didayagunakan oleh pendidik di Indonesia. RLO merupakan konsep yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi waktu dan upaya dari para pendidik sehingga mereka akan lebih terfokus pada aktivitas pembelajaran di dalam kelas.