Integritas platform e-learning di lingkungan perusahaan modern terancam oleh
maraknya perilaku tidak jujur di kalangan karyawan. Penelitian ini, yang berfokus pada
analisis kuantitatif, dilakukan di Perusahaan Sentra Medika Hospital Group, sebuah
organisasi layanan kesehatan terkemuka di Jakarta, dengan tujuan untuk mengatasi
masalah yang mendesak ini. Penelitian yang menggunakan metodologi kuantitatif
dengan jumlah sampel 287 partisipan ini menggunakan analisis regresi berganda untuk
menyelidiki karakteristik yang mempengaruhi perilaku tidak jujur di lingkungan elearning.
Penelitian ini menggunakan Fraud Triangle Model, dengan tiga prediktor niat untuk
melakukan kegiatan tidak jujur dalam program e-learning. Prediktor tersebut adalah
tekanan, peluang, dan rasionalisasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tekanan
memberikan pengaruh positif terhadap kecenderungan karyawan untuk terlibat dalam
ketidakjujuran akademis dalam program e-learning. Selain itu, ditemukan juga bahwa
adanya peluang secara signifikan meningkatkan kecenderungan karyawan untuk
melakukan kecurangan dalam platform e-learning. Terakhir, hasil penelitian
menunjukkan bahwa rasionalisasi meningkatkan kecenderungan karyawan untuk
terlibat dalam aktivitas tidak jujur pada platform e-learning. Temuan penelitian ini
sangat penting bagi para manajer yang bertanggung jawab untuk menjaga integritas
dalam sistem e-learning. Para manajer dapat mempromosikan perilaku etis di antara
karyawan yang terlibat dalam pembelajaran digital dengan menganalisis dan
menangani faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Studi ini menunjukkan bahwa mengambil tindakan proaktif berdasarkan temuantemuannya dapat secara efektif meningkatkan integritas organisasi dan
mempertahankan standar etika dalam lingkungan pendidikan digital yang terus
berubah. Studi ini menambah perbincangan yang lebih luas tentang etika bisnis dan
integritas pendidikan dengan memberikan wawasan praktis yang dapat
menginformasikan pembentukan kebijakan dan praktik manajerial untuk memastikan
perilaku etis dalam pengaturan e-learning.