Sistem informasi akademik sebuah universitas merupakan sebuah sistem penting yang menjadi pendukung
dalam kegiatan perkuliahan karena digunakan oleh hampir semua elemen di universitas, baik itu mahasiswa,
dosen, staf dan pimpinan. Untuk mengetahui sejauh mana sistem tersebut telah digunakan dengan baik maka
harus dilakukan pengukuran sistem. Cognitive Walktrough adalah salah satu metode pengukuran usability
sebuah sistem yang biasanya dilakukan pada saat awal tahap perancangan. Pada penelitian ini, komponen
usability yang diukur hanya komponen learnability. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui apakah sistem
dapat dengan mudah dipelajari dan digunakan oleh pengguna saat pertama kali berinteraksi dengan sistem.
Penelitian dilakukan dengan mengukur sistem informasi akademik yang sudah ada, lalu hasil pengukuran
tersebut menjadi dasar untuk melakukan perubahan / perbaikan pada sistem. Setelah dilakukan perubahan, sistem
baru tersebut diukur kembali dan dievaluasi apakah ada peningkatan hasil atau tidak.
Perpustakaan Digital ITB