digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Transformasi digital di koperasi saat ini lebih banyak difokuskan pada manajemen operasional, sehingga anggota koperasi belum sepenuhnya merasakan manfaat dari digitalisasi tersebut. Data menunjukkan bahwa koperasi simpan pinjam (KSP) menjadi salah satu jenis koperasi yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia, dengan total sebanyak 17.737 koperasi pada tahun 2020. Meskipun jumlah koperasi terus meningkat, dengan pertumbuhan sekitar 1% setiap tahunnya sejak 2019, hanya 0,73% koperasi yang telah memanfaatkan sistem digital pada operasionalnya. Salah satu solusi untuk melakukan transformasi digital dan peningkatan layanan koperasi tersebut adalah dengan pengembangan aplikasi Co-Mobile, yang dirancang untuk memberikan akses yang lebih efektif dan efisien bagi anggota koperasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) berdasarkan ISO 9241-210:2010, dengan pengujian prototipe dilakukan dalam dua tahap, yaitu Low Fidelity (Lo-Fi) dan High Fidelity (Hi-Fi). Pada tahap Lo-Fi, dilakukan dua kali iterasi yang berfokus pada evaluasi awal konsep dan alur kerja aplikasi melalui 21 tasks yang dinilai secara kualitatif, yang bertujuan untuk memahami bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi di tahap awal. Tahap Hi-Fi kemudian dikembangkan dengan dua kali iterasi untuk menguji kegunaan dan pengalaman pengguna secara mendetail. Fokus dari usability goals adalah Easy to Learn, diukur melalui Task Completion Rate (TCR) dan Time on Task, sedangkan fokus user experience adalah helpful, dievaluasi menggunakan skala Likert. Pengujian kualitasi solusi desain juga menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan Single Ease Question (SEQ) untuk mengukur kegunaan dan kemudahan aplikasi. Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi Co-Mobile mencapai skor SUS sebesar 82,5 yang dikategorikan sebagai "Good" dan mendekati tingkat "Excellent."