PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 berdasarkan Peraturan Pemerintah No.2 tahun 1946. Pada tahun 1955, Status Bank Negara Indonesia dirubah menjadi Bank komersial milik pemerintah. Perubahan ini melandasi pelayanan yang lebih baik dan luas bagi sektor usaha nasional.
Dalam survei tahunan yang dilakukan oleh MarkPlus dan majalah InfoBank sejak tahun 2005 mengenai loyalitas nasabah dalam industri perbankan Indonesia yang disebut Indonesian Bank Loyalty Index, penulis menemukan fenomena yang menarik mengenai pergeseran peringkat loyalitas nasabah bank – bank komersial di Indonesia dari tahun ke tahun. Salah satu Bank komersial besar yang mengalami pergeseran peringkat tersebut adalah BNI.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh proses bisnis TAPLUS BNI sebagai indikator pembentuk kepuasan nasabah dan program loyalitas yang ditawarkan TAPLUS BNI berpengaruh pada loyalitas nasabah TAPLUS BNI. Data penelitian diolah menggunakan Analisis faktor dan analisis jalur untuk mendapatkan hasil penelitian yang maksimal dan melihat faktor-faktor apakah yang dianggap penting oleh nasabah TAPLUS BNI.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa loyalitas nasabah menjadi suatu konsep baku yang hanya bertumpu pada persepsi nasabah terhadap faktor bunga bank dan alasan pribadi nasabah.
Perpustakaan Digital ITB