digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tesis ini mengetengahkan permasalahan perubahan medan/ aliran tegangan pada pelat berlubang dengan beberapa jumlah lubang dan berbagai konfigurasi serta berbagai jarak antar lubang, terhadap pelat utuh yang dikenakan beban tarik sebidang. Kajian juga dilakukan dengan menghadirkan sumbatan pada pelat yang berlubang. Kajian akan dilakukan terhadap besaran konsentrasi tegangan, lokasi tegangan ekstrim, beban maksimum, tegangan pada sumbatan, dan daktilitas. Penyelesaian permasalahan dilakukan melalui simulasi numerik dengan menggunakan metoda finite elemen, yang aplikasinya dilakaukan dengan menggunakan perangkat lunang MSC/NASTRAN, dan juga perkerjaan eksperimental laboratorium terhadap beberapa benda uji. Data perilaku mekanik material diperoleh memalui coupon test. Dalam pemodelan finite elemen dilakukan pendekatan numerik dimana diambil 2 titik nodal pada smbatan yang diintegrasikan dengan 2 titik nodal pada pelat untuk menjaga kompatibilitas dari model pelat dan sumbatan. Simulasi numerik dilakukan dengan mekanisme stroke kontrol dan load kontrol. Sementara pada pengujian eksperimental mekanisme pembebanan yang diberikan adalah stroke kontrol. Hasil studi menunjukan bahwa kehadiran lubang maupun sumbatan mempengaruhi medan/aliran tegangan yang terjadi pada pelat. Parameter jarak antar lubang, jumlah lubang, dan konfigurasi lubang mempengaruhi nilai konsentrasi tegangan, daktilitas, lokasi tegangan ekstrim, tegangan ektrim pada sumbatan. Nilai konsentrasi tegangan yang didefenisikan pada range pembebanan elastik memiliki nilai yang praktis konstan.