Tugas akhir ini membahas tentang pemodelan dan simulasi dinamika sistem wahana udara mikro dengan sayap kepak (flapping-wing micro aerial vehicle/ FMAV). Pemodelan perlu dilakukan agar dapat mengetahui karakteristik gerak dari
sistem tersebut. Untuk memperoleh model matematika, dilakukan pendekatan dengan metode sistem beberapa benda kaku (multiple rigid body) dan Hukum II Newton, sedangkan untuk pendekatan gaya aerodinamika digunakan pendekatan kondisi quasy-steady. Pada dasarnya, metode ini menggunakan sistem kesetimbangan gayagaya dan momen yang bekerja pada sistem FMAV, seperti: gaya berat, gaya aerodinamika dan gaya inersial. Dengan metode ini, model matematika dari sistem FMAV tersebut telah diperoleh. Selanjutnya dilakukan pula simulasi numerik menggunakan MATLAB/ SIMULINK. Simulasi ini meninjau beberapa kasus terbang, yaitu: kasus terbang memantau (hovering) dan beberapa variasi kasus terbang setimbang di arah vertikal (melawan gaya beratnya) pada bidang kepak yang berbeda-beda. Hasil simulasi menunjukan bahwa orientasi/sikap gerak translasi FMAV dipengaruhi oleh kondisi/sikap awal dari gerakan sayap FMAV tersebut. Dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran teoritik mengenai sikap dan sifat dinamik dari sistem FMAV.
Perpustakaan Digital ITB