Northside Shuttle adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang travel yang beroperasi khusus di
pinggiran kota Sydney (Australia) ke Sydney Airport. Mereka sudah memiliki sistem pemesanan (booking
system) secara online, tetapi mereka tidak memiliki sistem pendukung untuk mengelompokkan penumpang yang
akan dijemput dalam waktu tertentu pada satu perjalanan. Akibatnya, untuk pengambilan keputusan saat ini
membutuhkan waktu lama (± 1 hari). Sistem yang sudah ada, tidak terintegrasi dengan baik. Adapun kinerja
sistem dalam melakukan manajemen pencatatan rute serta pengelompokan informasi rute pada driver bertugas
yang sedang berjalan masih belum optimal karena pengelolaan datanya masih di lakukan secara manual. Oleh
karena itu pelayanan serta kinerja pekerja travel menjadi kurang efektif dan efisien, karena dapat mengganggu
dan memperlambat jalannya penyampaian informasi kepada pihak manajemen yang memerlukannya. Aplikasi
Manajemen Rute ini mempermudah pihak manajemen untuk mengelola data dan mendapatkan informasi yang
diperlukan untuk mengelola travel yang bersangkutan. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode incremental
yang membagi tahap pengembangan terdiri dari beberapa bagian yaitu kebutuhan, analisis, rancangan,
implementasi dan pengujian. Apikasi Manajemen Rute Travel ini diharapkan dapat menangani pencatatan dan
pemberian informasi seputar rute, checkpoint, driver dan dapat melakukan generate route management yang
dapat menghasilkan list rute untuk driver.
Perpustakaan Digital ITB