Dunia bisnis selalu mengalami perubahan tidak terkecuali dengan industri perbukuan. Pertumbuhan yang terjadi di industri perbukuan adalah salah satu bentuk dari perubahan. Pertumbuhan yang melonjak tiga kali lipat sejak krisis moneter 1998 membuat jumlah pelaku bisnis di industri ini bertambah. Mereka ingin menjadi bagian dari perkembangan industri ini yang pesat.
Penerbit Indhill Co (IHC) adalah perusahaan yang bergerak di industri penerbitan buku yang didirikan pada tahun 1984. Produk yang dihasilkan adalah buku-buku teks book non fiksi pada kategori hukum, ada juga buku yang masuk kategori ekonomi. IHC sudah lama berada di dalam industri, namun sejak pendiriannya hingga sekarang tingkat produktivitasnya belum mengalami pertumbuhan yang signifkan. Sampai dengan saat ini memiliki target satu judul buku satu bulan dan tidak ikut serta dalam pertumbuhan industri secara keseluruhan. Sehingga menjadi penting bagi IHC untuk merancang strategi bagi peningkatan produktivitas dan pertumbuhan perusahaan.
Metode yang dapat dipakai dalam proyek akhir ini dimulai dengan analisa lingkungan dari industri penerbitan menggunakan analisa PEST dan Porter’s Five Force untuk lingkungan eksternalnya serta eksplorasi lingkungan internal dari perusahaan. Langkah berikutnya adalah penentuan strategic positioning menggunakan Value Discipline Triad dan formulasi strategi menggunakan TOWS Matrix. Terakhir adalah implementasi strategi menggunakan Balanced Scorecard.
Berdasarkan analisa SWOT perusahaan maka hasil yang didapat untuk strategic position IHC yang diusulkan adalah product leadership. Dalam rangka mencapai product leadership, diusulkan 9 strategi bagi perusahaan. 9 strategi tersebut kemudian dipetakan ke dalam strategy map sehingga diperoleh inisiatif strategisnya. Inisiatif strategis bagi perusahaan diimplementasikan dengan memperkuat kondisi perusahaan, mempersiapkan para personel, bekerjasama dengan berbagai pihak, dan terus mengikuti perkembangan di industri penerbitan buku.
Perpustakaan Digital ITB