Lombok sebagai tujuan wisata kedua setelah Bali karena mempunyai potensi wisata yang menarik, potensi
kultur/budaya masyarakat yang banyak ragamnya. Kedua potensi ini bila digabungkan/dikolaborasi akan
menjadi suatu daya tarik luar bisa bagi wisatawan yang akan berkunjung. Didukung dengan sistem informasi
promosi berbasis multimedia sebagai salah satu media promosi yang menarik, maka Lombok akan menjadi
tujuan wisata nomor satu. Dengan sistem informasi yang berbasis multimedia akan menyajikan informasi yang
menarik dan nyata karena dilengkapi dengan video dan audio. Sistem mutlimedia pariwisata dan budaya
Lombok dikemas dalam bentuk CD dan DVD sehingga mudah dibawa dan didistribusikan kepada wisatawan
baik lokal maupun manca negara. Pemerintah mencanangkan target 1 juta wisatawan, maka dengan
meningkatnya jumlah wisatawan tersebut akan berdampak pada peningkatan perokonomian masyarakat Lombok
dan pendapatan daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik surve dan
pengembangan sistemnya menggunakan teknik SDLC (System Development Life Cycle)/waterfall. Penelitian ini
akan memberikan keluaran yang berupa Sistem Multimedia (CD Interaktif) sebagai media promosi Pariwisata
dan Budaya Masyarakat Lombok. Sistem ini memberikan informasi yang lengkap kepada para wisatawan baik
yang berhubungan dengan informasi jenis-jenis wisata, Akomodasi, transportasi, event terjadwal dan beritaberita
terbaru tentang pariwisata. Dengan penerapan Sistem multimedia ini akan membantu Dinas Kebudayaan
dan Pariwisata dalam mempromosikan pariwsata dan Budaya Masyarakat Lombok.
Perpustakaan Digital ITB