digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Lombok sebagai tujuan wisata kedua setelah Bali karena mempunyai potensi wisata yang menarik, potensi kultur/budaya masyarakat yang banyak ragamnya. Kedua potensi ini bila digabungkan/dikolaborasi akan menjadi suatu daya tarik luar bisa bagi wisatawan yang akan berkunjung. Didukung dengan sistem informasi promosi berbasis multimedia sebagai salah satu media promosi yang menarik, maka Lombok akan menjadi tujuan wisata nomor satu. Dengan sistem informasi yang berbasis multimedia akan menyajikan informasi yang menarik dan nyata karena dilengkapi dengan video dan audio. Sistem mutlimedia pariwisata dan budaya Lombok dikemas dalam bentuk CD dan DVD sehingga mudah dibawa dan didistribusikan kepada wisatawan baik lokal maupun manca negara. Pemerintah mencanangkan target 1 juta wisatawan, maka dengan meningkatnya jumlah wisatawan tersebut akan berdampak pada peningkatan perokonomian masyarakat Lombok dan pendapatan daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik surve dan pengembangan sistemnya menggunakan teknik SDLC (System Development Life Cycle)/waterfall. Penelitian ini akan memberikan keluaran yang berupa Sistem Multimedia (CD Interaktif) sebagai media promosi Pariwisata dan Budaya Masyarakat Lombok. Sistem ini memberikan informasi yang lengkap kepada para wisatawan baik yang berhubungan dengan informasi jenis-jenis wisata, Akomodasi, transportasi, event terjadwal dan beritaberita terbaru tentang pariwisata. Dengan penerapan Sistem multimedia ini akan membantu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mempromosikan pariwsata dan Budaya Masyarakat Lombok.