Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dewasa ini sangat berkembang. Hal tersebut yang kemudian mengakibatkan UMKM menjadi salah satu tulang punggung perekonomian
Indonesia. Beragam program pemerintah telah dilaksanakan demi perkembangan UMKM di Indonesia. ‘Badfatcat, inc!’ adalah sebuah usaha kecil di bidang kreatif yang berfokus pada bidang desain grafis. Unit usahanya bergerak dalam bidang desain grafis dan merchandise. Namun, dikarenakan kurangnya sumber daya yang dimiliki dan penurunan penjualan, maka akhirnya unit usaha merchandise ditutup sementara. Pada bulan Juli tahun 2010, unit usaha ini akan dimulai kembali. Untuk mengetahui akar masalah yang menjadi penyebab masalah yang dialami unit usaha merchandise ‘Badfatcat, inc!’ dulu, maka dilakukanlah penelitian terhadap kondisi internal dan ekternal dari lingkungan perusahaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui adanya kekurangan terutama pada bagian operasional dan marketing yang kemudian mempengaruhi menurunnya penjualan. Kurangnya kegiatan promosi ataupun fokus
produk mengakibatkan konsumen yang potensial menjadi tidak tertarik. Oleh karena itu langkah awal yang perlu diambil adalah dengan melakukan perbaikan dari segi segmentation, targeting, dan positioning. Diikuti perbaikan marketing mix yang berfokus pada perbaikan promosi dan produk serta pemanfaatan teknologi yang ada secara lebih menyeluruh. Solusi yang kemudian akan diimplementasikan antara lain solusi di bagian promosi,
perbaikan produk, dan perbaikan sistem operasional yang akan dilakukan pada bulan Juli tahun 2010.
Perpustakaan Digital ITB