digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tugas sarjana ini bertujuan untuk meningkatkan performa aerodinamika mobil balap Mushika M-02 yang sudah ada. Mobil Mushika merupakan mobil balap yang dirancang mahasiswa Program Studi Teknik Mesin ITB yang ditujukan untuk mengikuti lomba FSAE. Mobil balap Mushika diteliti di dalam tugas sarjana ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan akselerasinya. Dari pengujian mobil balap Mushika yang ada, traksi yang dihasilkan pada roda tidak cukup. Secara aerodinamika, traksi ini dapat ditingkatkan dengan berfokus pada geometri sayap belakang mobil dan berusaha untuk meningkatkan nisbah gaya downforce per gaya drag yang dihasilkan mobil balap Mushika. Peningkatan performa melalui penelitian terhadap sayap mobil ini dilakukan dengan menggunakan program Computational Fluid Dynamics atau CFD yang bernama Ansys Fluent. Ansys Fluent melakukan analisis CFD mobil balap Mushika dengan model 3D yang dibuat menggunakan program Inventor. Dari hasil simulasi dan perhitungan traksi, dapat disimpulkan bahwa sayap belakang mobil balap Mushika mempunyai pengaruh aerodinamika yang meningkatkan traksi yang dihasilkan roda. Peningkatan ini dapat dicapai dengan menaikan sudut serang sampai batas tertentu dan meningkatkan ukuran dari sayap belakang tersebut. Walaupun demikian hasil dari analisis traksi diketahui bahwa traksi roda masih di bawah nilai yang diinginkan.