ABSTRAK Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Darryl Andhika Moniaga
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Formula One adalah olahraga yang erat kaitan nya dengan aerodinamis, tetapi
riset yang dilakukan kurang dipublikasikan sehingga pengetahuan yang diketahui
oleh masyarakat umum sangat terbatas. Dalam penelitian ini, bagian yang akan
diteliti adalah sirip atau fin dari mobil Formula One. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk memodifikasi desain berdasarkan desain sirip yang umumnya dipakai
dan menentukan koefisien drag serta lift. Penelitian ini dibataskan hanya pada
bagian sirip sehingga simulasi dapat terkonsentrasi pada satu bagian, serta desain
sirip akan mengambil referensi dari model sirip pada umumnya. Metodologi yang
akan digunakan dalam penelitian ini dapat terbagi menjadi 4 tahap besar, yaitu
pembuatan desain, pengambilan data (meshing), pengolahan data (solving), dan
perbandingan data dengan nilai teori (compare and contrast). Proses pengolahan
data akan menggunakan metode finite volume dengan SolidWorks Flow Simulation
yang memakai algoritma PISO, dikarenakan model yang akan diteliti merupakan
model turbulen. Proses finite volume akan mendapatkan data-data seperti bilangan
Reynolds, yang kemudian hasilnya akan dibandingkan dengan teori sehingga
metode dapat tervalidasi. Hasil yang didapat dari simulasi model tabung adalah
pemakaian resolusi mesh 401 x 201, dikarenakan hasil yang tidak terlalu jauh
dengan resolusi mesh lainnya dan nilai referensi. Hasil yang didapat dari
perbandingan tabung dengan bilangan Reynolds 20 dan 200 menunjukkan bahwa
semakin besar nilai bilangan Reynolds, maka nilai drag berkurang dan nilai lift akan
bertambah. Kesimpulan yang didapat dari simulasi model sirip adalah model sirip
era 1990 memiliki efisiensi aerodinamis yang lebih baik, dengan drag yang lebih
kecil serta lift yang lebih besar. Tetapi, sirip era 2010 bertujuan mendapatkan drag
yang lebih besar serta lift yang lebih kecil dikarenakan beberapa faktor seperti
mesin terbaru dan teknologi-teknologi lainnya, sehingga diperlukan keseimbangan
dalam mobil tersebut saat berkompetisi.