Teknologi Digital kini seakan tidak lepas dari kehidupan manusia, saat ini sebagian besar aktivitas manusia dilakukan oleh smartphone, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan hobi atau dapat disebut sebagai gaya hidup digital seperti bermain game, menonton video, dan mendengarkan musik. Berdasarkan App Annie pada tahun 2018 Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara yang menggunakan smartphone untuk waktu penggunaan terlama perharinya dengan rata-rata 4 jam menggunakan menggunakan smartphone perharinya untuk bermain game, menonton video, dan mendengarkan musik dapat dengan mudah diakses menggunakan menggunakan sebuah smartphone. Keadaan ini menjadi peluang bagi perusahaan telekomunikasi untuk mendukung peningkatan gaya hidup digital di Indonesia dengan menyediakan layanan dan produk terkait. Mendengarkan lagu dengan streaming musik di smartphone menjadi kegiatan seluler terbesar di Indonesia. Namun, Langit Musik sebagai aplikasi streaming musik Indonesia, masih menghadapi kesulitan untuk memperoleh dan mempertahankan penggunanya di mana pengguna aktif bulanan untuk Langit Musik dari App Annie pada tahun 2018 menunjukkan bahwa pengguna aktif Langit Musik selama 6 bulan terus turun dari angka 400.000 pengguna menjadi 155.000 pengguna, dan posisi aplikasi Langit Musik di antara para pesaingnya adalah yang terendah.
Ada beberapa hal yang telah dilakukan penulis untuk menganalisis kondisi Langit Musik saat ini. Langkah pertama adalah menganalisis kondisi internal dari produk Langit Musik, kedua adalah menganalisis kekuatan eksternal pada perusahaan. Selanjutnya, adalah menganalisis inti permasalahan dari produk Langit Musik menggunakan Customer Journey untuk menganalisis Pelanggan yang telah menggunakan Langit Musik dan The Five A’s untuk mereka yang belum menggunakan Aplikasi Langit Musik. Analisis ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan observasi selama masa magang dan berdiskusi dengan manajer pengembangan produk.
Untuk Mengatasi masalah yang dihadapi, yaitu untuk meningkatkan kesaran merek (brand awareness) dari calon pengguna, dan untuk mempertahankan pengguna yang telah menggunakan aplikasi Lagit Musik, penulis mengusulkan strategi pemasaran dengan menggunakan Diamond Strategy Untuk mengidentifikasi keadaan Langit Musik saat ini dan mengusulkan strategi bisnis yang akan digunakan oleh Langit Musik kedepannya.
Perpustakaan Digital ITB