Putri Maharani [17421003]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Senjata tradisional Bali merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai sejarah,
filosofis, dan estetika. Namun, pemahaman generasi muda terhadapnya kian tergerus
oleh modernisasi dan media pembelajaran konvensional cenderung monoton bagi
remaja. Melihat potensi game digital sebagai media edukasi interaktif yang digemari,
Tugas Akhir ini bertujuan merancang dan menghasilkan sebuah prototipe playable demo
untuk game mobile bergenre action-adventure berjudul "Sang Angewerat Pusaka".
Metode perancangan mengadaptasi kerangka game development dari Pickell (2024) yang
difokuskan pada tahap planning, production, dan testing, serta dipadukan dengan
pendekatan user-centered design melalui survei kepada target audiens. Pengumpulan
data dilakukan melalui studi literatur, wawancara dengan pemandu Anjungan Bali TMII
dan staf Museum Pusaka, serta survei preferensi game kepada target audiens remaja (15-
24 tahun). Hasil perancangan ini adalah sebuah prototipe tutorial stage dengan gaya
visual 2.5D yang memadukan elemen estetika khas Bali—seperti ukiran dan mitologi
lokal—ke dalam dunia fantasi yang heroik. Game ini menerapkan prinsip tangential
learning, di mana jenis, fungsi, dan nilai filosofis senjata diperkenalkan secara organik
melalui narasi, mekanisme pertarungan, dan fitur inspeksi senjata. Diharapkan, game
"Sang Angewerat Pusaka" ini dapat menjadi bukti konsep yang efektif untuk
meningkatkan minat, kepedulian, dan pengetahuan remaja terhadap senjata tradisional
Bali serta budaya Indonesia secara umum, sekaligus memberikan referensi bagi
pengembangan game edukasi budaya di masa depan.
Perpustakaan Digital ITB