digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Putri Maharani [17421003]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Senjata tradisional Bali merupakan warisan budaya Indonesia yang kaya akan nilai sejarah, filosofis, dan estetika. Namun, pemahaman generasi muda terhadapnya kian tergerus oleh modernisasi dan media pembelajaran konvensional cenderung monoton bagi remaja. Melihat potensi game digital sebagai media edukasi interaktif yang digemari, Tugas Akhir ini bertujuan merancang dan menghasilkan sebuah prototipe playable demo untuk game mobile bergenre action-adventure berjudul "Sang Angewerat Pusaka". Metode perancangan mengadaptasi kerangka game development dari Pickell (2024) yang difokuskan pada tahap planning, production, dan testing, serta dipadukan dengan pendekatan user-centered design melalui survei kepada target audiens. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, wawancara dengan pemandu Anjungan Bali TMII dan staf Museum Pusaka, serta survei preferensi game kepada target audiens remaja (15- 24 tahun). Hasil perancangan ini adalah sebuah prototipe tutorial stage dengan gaya visual 2.5D yang memadukan elemen estetika khas Bali—seperti ukiran dan mitologi lokal—ke dalam dunia fantasi yang heroik. Game ini menerapkan prinsip tangential learning, di mana jenis, fungsi, dan nilai filosofis senjata diperkenalkan secara organik melalui narasi, mekanisme pertarungan, dan fitur inspeksi senjata. Diharapkan, game "Sang Angewerat Pusaka" ini dapat menjadi bukti konsep yang efektif untuk meningkatkan minat, kepedulian, dan pengetahuan remaja terhadap senjata tradisional Bali serta budaya Indonesia secara umum, sekaligus memberikan referensi bagi pengembangan game edukasi budaya di masa depan.