Strategic Business Unit (SBU) Aerostructure didirikan oleh PT Dirgantara
Indonesia (PTDI) pada tahun 2024, menandai langkah strategis yang signifikan
bagi perusahaan, yang merupakan satu-satunya perusahaan dirgantara di
Indonesia hingga saat ini. Fabrikasi komponen sayap tetap dan putar adalah
penekanan utama dari unit bisnis baru, yang berfungsi sebagai pemasok Tier-1
untuk pemain industri besar seperti Airbus, Bell, dan Spirit. Peresmian tersebut
merupakan respon langsung terhadap lonjakan permintaan aerostruktur di seluruh
dunia yang terjadi selama pandemi. Selain itu, pertumbuhan permintaan ini
menyebabkan tekanan pengiriman yang parah, yang mengharuskan PTDI SBU
Aerostructure langsung mempercepat kemampuannya agar sejalan dengan
dinamika dan laju sektor kedirgantaraan global yang kompetitif.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi
perusahaan dengan bantuan beberapa analisis. Analisis tersebut bertujuan untuk
memudahkan penulis dalam menemukan akar permasalahan. Penulis
menggunakan analisis eksternal seperti; PESTEL, Porter's 5 Forces, Competitor
Analysis, dan analisis internal seperti; Value chain resources and activities, serta
analisis STP, bauran pemasaran, analisis SWOT, dan analisis tows dengan tujuan
menemukan solusi marketind dari kebutuhan Aerostruktur PTDI SBU terkait
strategi pemasaran.
Studi ini menawarkan strategi diferensiasi terfokus sebagai jalur utama
Aerostructure PTDI SBU untuk meningkatkan profitabilitas dan memastikan
keberlanjutan bisnis jangka panjang. Penelitian ini didasarkan dari analisis
terhadap faktor internal dan eksternal. Gagasan-gagasan yang telah diajukan
tidak hanya bersifat teoretis, tetapi juga telah dipetakan dengan cermat
berdasarkan kondisi aktual organisasi dan lingkungan pasar di mana organisasi
tersebut beroperasi. Pelaksanaan rencana ini diharapkan dapat meningkatkan
reputasi PTDI sebagai aktor penting dalam rantai pasokan global. Selain itu,
diantisipasi bahwa pendekatan ini akan menjadi daya tarik untuk mendapatkan
pelanggan baru dan memperkuat loyalitas pelanggan yang sudah ada.
Perpustakaan Digital ITB