digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Strategic Business Unit (SBU) Aerostructure didirikan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) pada tahun 2024, menandai langkah strategis yang signifikan bagi perusahaan, yang merupakan satu-satunya perusahaan dirgantara di Indonesia hingga saat ini. Fabrikasi komponen sayap tetap dan putar adalah penekanan utama dari unit bisnis baru, yang berfungsi sebagai pemasok Tier-1 untuk pemain industri besar seperti Airbus, Bell, dan Spirit. Peresmian tersebut merupakan respon langsung terhadap lonjakan permintaan aerostruktur di seluruh dunia yang terjadi selama pandemi. Selain itu, pertumbuhan permintaan ini menyebabkan tekanan pengiriman yang parah, yang mengharuskan PTDI SBU Aerostructure langsung mempercepat kemampuannya agar sejalan dengan dinamika dan laju sektor kedirgantaraan global yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi perusahaan dengan bantuan beberapa analisis. Analisis tersebut bertujuan untuk memudahkan penulis dalam menemukan akar permasalahan. Penulis menggunakan analisis eksternal seperti; PESTEL, Porter's 5 Forces, Competitor Analysis, dan analisis internal seperti; Value chain resources and activities, serta analisis STP, bauran pemasaran, analisis SWOT, dan analisis tows dengan tujuan menemukan solusi marketind dari kebutuhan Aerostruktur PTDI SBU terkait strategi pemasaran. Studi ini menawarkan strategi diferensiasi terfokus sebagai jalur utama Aerostructure PTDI SBU untuk meningkatkan profitabilitas dan memastikan keberlanjutan bisnis jangka panjang. Penelitian ini didasarkan dari analisis terhadap faktor internal dan eksternal. Gagasan-gagasan yang telah diajukan tidak hanya bersifat teoretis, tetapi juga telah dipetakan dengan cermat berdasarkan kondisi aktual organisasi dan lingkungan pasar di mana organisasi tersebut beroperasi. Pelaksanaan rencana ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi PTDI sebagai aktor penting dalam rantai pasokan global. Selain itu, diantisipasi bahwa pendekatan ini akan menjadi daya tarik untuk mendapatkan pelanggan baru dan memperkuat loyalitas pelanggan yang sudah ada.