Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Toko GoBIG merupakan perusahaan ritel sepatu dan perlengkapan olahraga yang
mengedepankan kualitas pelayanan pelanggan dalam strategi bisnisnya. Saat ini
GoBIG sedang mengalami tantangan dalam mengelola pengetahuan karyawan
akibat keterbatasan sumber daya manusia serta operasional bisnis yang dinamis.
Setiap karyawan diharapkan mampu menjalankan berbagai tugas, mulai dari
melayani pelanggan, menata produk, hingga melakukan pemasangan senar raket.
Kondisi ini menuntut adanya sistem manajemen pengetahuan yang mampu
menyimpan, mengelola dan mendistribusikan informasi dengan cepat dan mudah
diakses. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem manajemen
pengetahuan berbasis chatbot dengan memanfaatkan Large Language Model
(LLM) yang terintegrasi dengan teknologi Retrieval Augmented Generation
(RAG), serta melakukan uji terhadap hasil perancangan nya. Pendekatan ini
diharapkan dapat memudahkan karyawan dalam memperoleh informasi terkait
operasional toko, pengetahuan produk, serta prosedur layanan secara mudah dan
berkelanjutan.
Metodologi penelitian yang digunakan pada rancangan ini adalah System
Development Life Cycle (SDLC) sebagai kerangka perancangan sistem, melibatkan
proses identifikasi kebutuhan fungsional dan non-fungsional, serta objektif
perbaikan sistem hingga tahap perancangan dan uji prototipe sistem. Kemudian
penggunaan model SECI (Socialization, Externalization, Combination,
Internalization) untuk memetakan proses penciptaan, penyimpanan, dan distribusi
pengetahuan di dalam organisasi.
Hasil dari penelitian ini berupa prototipe chatbot yang mengakomodasi 3 (tiga)
mode interaksi (tanya-jawab, kuis interaktif, dan simulasi) dengan teknologi
LightRAG untuk mendukung proses manajemen pengetahuan di Toko GoBIG.
Prototipe telah diverifikasi berdasarkan kebutuhan fungsional dan divalidasi
berdasarkan objektif perbaikan sistem. Hasil dari evaluasi uji yang dilakukan
terhadap sistem menunjukkan perlunya penggunaan model dengan kapasitas token
yang cukup tinggi agar dapat menerima pengetahuan yang diberikan. Kombinasi
antara model Gemini 2.5-flash dan teknologi LightRAG menunjukan hasil yang
mengesankan, dimana sistem dapat memberikan respon yang sesuai dengan basis
pengetahuan pada masing-masing mode interaksi.
Perpustakaan Digital ITB