digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Cover - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Pustaka - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Lampiran - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Gamma Metrics Asia adalah sebuah perusahaan konsultan di Kota Bandung yang sedang mengembangkan produk Enterprise Resource Planning (ERP). Target pasar dari penjualan produk ini adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya dalam sektor makanan dan minuman dengan tipe make to stock. Pihak perusahaan menginginkan strategi adopsi yang tepatsebagai bagian dari perancangan strategi penjualan produk ERP. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang berpengaruh dalam mendukung niat adopsi dan merancang strategi adopsi ERP yang efektif dengan menggunakan konsep manajemen perubahan. Model adopsi ERP yang digunakan adalah penggabungan Diffusion Of Innovation (DOI) dan Technology-Organization-Environment (TOE) yang didapatkan melalui tahap eksplorasi model. Indikator dalam model dilakukan translation validity untuk memastikan bahwa makna asli indikator tetap terjaga setelah melakukan terjemahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Structrual Equation Modelling-Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menganalisis variabel-variabel yang memengaruhi niat adopsi ERP pada UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada 5 CEO/pemilik/manajer sebagai validasi awal model konseptual dan kuesioner dilakukan kepada 158 CEO/pemilik/manajer UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia dengan tipe make to stock. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel terbukti berpengaruh langsung adalah relative advantage, compatibility, ERP skills, regulatory environment, owner/manager, dan trading partner support, sedangkan variabel yang terbukti berpengaruh tidak langsung adalah organization culture. Berdasarkan temuan ini, langkah strategis disusun untuk memberikan rekomendasi strategi adopsi ERP dengan konsep manajemen perubahan berbasis ADKAR. Model ADKAR digunakan untuk memastikan bahwa perubahan dalam organisasi dapat diterima dengan baik oleh setiap individu, khususnya CEO/pemilik/manajer.