Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Cover - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Pustaka - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Lampiran - Luki Zarkasi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Gamma Metrics Asia adalah sebuah perusahaan konsultan di Kota Bandung yang sedang
mengembangkan produk Enterprise Resource Planning (ERP). Target pasar dari penjualan
produk ini adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya dalam sektor
makanan dan minuman dengan tipe make to stock. Pihak perusahaan menginginkan strategi
adopsi yang tepatsebagai bagian dari perancangan strategi penjualan produk ERP. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang berpengaruh dalam mendukung niat
adopsi dan merancang strategi adopsi ERP yang efektif dengan menggunakan konsep
manajemen perubahan. Model adopsi ERP yang digunakan adalah penggabungan Diffusion
Of Innovation (DOI) dan Technology-Organization-Environment (TOE) yang didapatkan
melalui tahap eksplorasi model. Indikator dalam model dilakukan translation validity untuk
memastikan bahwa makna asli indikator tetap terjaga setelah melakukan terjemahan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan
Structrual Equation Modelling-Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menganalisis
variabel-variabel yang memengaruhi niat adopsi ERP pada UMKM sektor makanan dan
minuman di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada
5 CEO/pemilik/manajer sebagai validasi awal model konseptual dan kuesioner dilakukan
kepada 158 CEO/pemilik/manajer UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia
dengan tipe make to stock. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel terbukti
berpengaruh langsung adalah relative advantage, compatibility, ERP skills, regulatory
environment, owner/manager, dan trading partner support, sedangkan variabel yang
terbukti berpengaruh tidak langsung adalah organization culture. Berdasarkan temuan ini,
langkah strategis disusun untuk memberikan rekomendasi strategi adopsi ERP dengan
konsep manajemen perubahan berbasis ADKAR. Model ADKAR digunakan untuk
memastikan bahwa perubahan dalam organisasi dapat diterima dengan baik oleh setiap
individu, khususnya CEO/pemilik/manajer.
Perpustakaan Digital ITB